Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 1403 Sawerigading Tanam Perdana Inpari 33

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 1403 Sawerigading Tanam Perdana Inpari 33

Radar Luwu Raya – Lahan sawah seluas kurang lebih 1 hektare, disebar bibit padi jenis inpari 33 dengan sistem tanam tabela menggunakan pipa paralon.

Itu dilakukan oleh TNI Kodim 1403 Sawerigading dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan percepatan luas tambah tanam di Luwu Raya.

Tanam perdananya dilaksanakan di demplot padi di Dusun Salutallang, Desa Pongsamelang, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sabtu (11/8/2018)

Dan dihadiri langsung oleh Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf M Imasfy, Danramil Walenrang, Kapten Czi Waskito bersama tim Upsus dari Kementrian Pertanian.

“Demplot ini kita jadikan percontohan kepada petani. Mulai dari persiapan masa tanam hingga panen,” kata dandim.

Jika tanam sekarang, menurut Imasfy, maka panen akan dilakukan pada bulan Desember. “Kita berharap hasil panen bisa mencapai 8 ton,” lanjutnya.

Nantinya, hasil panen akan disalurkan ke Bulog guna mendukung ketahanan pangan.

Sementara itu, informasi dari Wahid, Penanggung jawab UPSUS Luwu Raya Kementrian Pertanian, menegaskan, khusus di Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk produksi padi, Luwu Raya merupakan daerah unggulan.

“Di bulan Agustus ini, target kita di Kabupaten Luwu seluas 15 ribu hektare. Dimana per hekaternya, kita bisa memanen 7 sampai 8 ton padi,” terangnya.

Informasi yang diterima, luas sawah di Kecamatan Lamasi seluas 2.764 hektar. Yang sudah tertanami sekitar 1.900 hektar. Pengolahannya di mulai Juli, dan penanamnya di Agustus ini.

Sebelumnya, anggota TNI melakukan pengemposan hama tikus menggunakan tiran. (Ara)

No Responses

Leave a Reply