Ingin Lebih Dekat, Dandim 1408/BS Kunker ke Koramil

Ingin Lebih Dekat, Dandim 1408/BS Kunker ke Koramil

RadarMakassar.com – Mengetahui secara jelas kondisi anggota dan wilayahnya, menjadi fokus perhatian Komandan Kodim (Dandim) 1408/BS, Letkol Inf Andriyanto.

Sejak serah terima jabatan sebagai Dandim 1408/BS pada 15 Agustus 2018 lalu, mengunjungi seluruh wilayah teritoral dalam lingkup Kodim 1408/BS menjadi agenda khusus.

Selain memberikan pengarahan, berkomunikasi langsung dengan seluruh personil merupakan tujuan dari kunjungan kerja, Senin (20/8).

Dandim 1408/BS mengunjungi sejumlah Koramil, termasuk Koramil 10 Panakukkang. Didampingi Danramil 1408-10 Panakkukang, Mayor Kav Rohmad Agus Hidayat, Dandim hadir bersama Ketua Persit Kartika Cabang XI Dim 1408 PD XIV/Hasanuddin, Ny Teppy Andriyanto, Pasi Teritorial, Mayor Inf.

Patahana, serta pengurus Persit Kartika Cabang XI Dim 1408 PD XIV/Hasanuddin. Ayu Wahyu.
Berbagai hal terkait tugas kewilayahan menjadi materi pengarahan.

“Kunjungan kerja ke satuan lingkup Kodim 1408/BS ini menjadi agenda sejak serah terima lalu. Tujuannya adalah untuk mengetahui situasi serta kondisi prajurit dan keluarganya yang ada di wilayah. Selain ingin lebih mengenal permasalahan di lapangan, juga untuk mengetahui sejauh mana kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas kewilayahan yang menjadi tanggungjawab mereka. Makassar adalah kota yang unik.

Karakter masyarakatnya kuat dan tegas serta miliki pengetahuan luas. Sehingga aspirasi disampaikan dengan berbagai cara, baik melalui jalur yang sudah disesuaikan maupun jalur demonstrasi. Pada dasarnya itu adalah bentuk penyampaian aspirasi masyarakat.

Tetapi satu hal yang tidak bisa saya lupa dan membekas di hati saya dari karakter masyarakat Makassar adalah jiwa gotong royongnya yang sangat tinggi. Dan itu sudah saya buktikan, saat ikut bergabung pada ekspedisi NKRI tahun 2013 silam. Bagi saya, Makassar sangat luar biasa,” papar Letkol Andriyanto.

Bahkan, Letkol Andriyanto juga menjabarkan kunjungannya juga untuk menegaskan kepada babinsa akan tugas kewilayahan. Potensi yang ada di wilayah, bisa diberdayakan untuk menjadi pendukung dalam kelancaran pelaksanaan tugas kewilayahan. Yang perlu diingat, setelah sekian lama melaksanakan tugas kewilayahan maka secara otomatis pasti sudah tahu potensi wilayahnya. Tetapi jangan karena merasa sudah menguasai dan mengetahui wilayahnya, sehingga menganggapnya sebagai rutinitas yang justru akan menjadi suatu kelemahan,” jelasnya, yang juga menyinggung bahwa selama ini sinergitas antara Kodim 1408/BS dan pemda setempat sangat baik.

Sinergitas tersebut, akan menjadi tugas yang harus dilanjutkan. Apalagi ke depan, sejumlah momen penting akan terlaksana. “Saya hanya tinggal melanjutkan dan mengaktifkan apa yang sudah ada,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Persit Kartika Cabang XI Dim 1408 PD XIV/Hasanuddin, Ny Teppy Andriyanto juga mengapresiasi kreatifitas dari anggota persit di Koramil 1408-10/BS Panakkukang. Menurutnya, kreasi yang tercipta dari anggota persit menjadi bukti bahwa persit mampu untuk menggali potensi yang dimiliki, khususnya yang mengarah pada ekonomi kreatif.

“Jadi persit yang ada di rumah bukan berarti hanya diam saja. Berkreasi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri maupun keluarga adalah sesuatu yang harus memperoleh apresiasi. “Saya mengapresiasi anggota persit yang sangat kreatif dan mampu menciptakan sesuatu hasil yang bermanfaat. Ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya, khususnya persit yang ada di rumah. Jadi selain tetap dekat dengan anak dan suami, juga mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Kita akan coba kembangkan ekonomi kreatif dari persit. pengusulan itu akan coba kita teruskan ke PD,” papar Ny Teppy Andriyanto. (lin/fly)

No Responses

Leave a Reply