Gempa Bumi Mengguncang Sinjai Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Mengguncang Sinjai Tidak Berpotensi Tsunami

RadarMakassar.com – Pelaksana tugas (Plt) Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Joharman mengatakan, kejadian gempa bumi menguncang Kabupaten Sinjai tidak berpotensi Tsunami, Senin,(1/10) pukul 19.39 Wita.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.17 LS dan 120,45 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km arah TimurLaut Sinjai kedalaman 38km,”katanya kepada Radar Makassar melalui rilisnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak, ia katakan, bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Walanae.

“Guncangan gempabumi dirasakan di wilayah pesisir Kecamatan TelluLimpoe Sinjai Timur sebesar I SIG-BMKG (II MMI). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,”ungkapnya.

Lebih jauh, lanjutnya, masyarakat di pesisir pantai dihimbau, supaya tidak terpancing isu, karena gempabumi.

Sementara itu, Kasubag Humas Setdakab Sinjai, Usman Balo yang dikonfirmasi menambahkan, pihaknya dalam hal ini pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Komunikasikan Dan Informasi kini tengah mengecek alat pendeteksi Gempa.

Namun hingga saat ini belum diketehui pasti hasil dari alat deteksi Gempa itu.

” Anggota sementara Pergi melakukan pengecekan ke tempat alat pendeteksi tersebut, tapi untuk hasilnya, kami belum temukan, ” terangnya.(acil/fly)

No Responses

Leave a Reply