Kolaborasi Humas-Media Wujudkan Pemerintahan yang Akuntabel

Kolaborasi Humas-Media Wujudkan Pemerintahan yang Akuntabel

RadarMakassar.com – Pemerintah Kota Makassar terus berupaya meningkatkan hubungan sinergitas dengan media untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabilitas.

Melalui Bagian Hubungan Masyarakat (Humas), Pemkot Makassar menggelar kegiatan seminar hubungan media dan pemerintah dengan tema ‘Sinergitas Pemerintah dan Media Mewujudkan Pemerintahan yang Profesional, Transparan dan Akuntabilitas.

Panitia Pelaksana, Andi Reza Nugraha menuturkan seminar yang diselenggarakan Humas Pemkot Makassar bertujuan untuk menyamakan presepsi antara Humas dengan media.

“Selain menyamakan presepsi antara Humas dengan media juga mewujudkan pemerintahan akuntabel dan transparan serta profesional,” ungkapnya.

Sementara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Makassar Sittiara Kinang menuturkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seharusnya dapat bekerja sama baik dengan media.

Dengan sinergitas bersama media, kata Sittiara, Pemerintahan Kota Makassar lebih akuntable dan transparan.

“Media yang profesional mampu meningkatkan ankutabilitas publik lebih transparan dan media menyediakan kontrol komunikasi, menghindarkan Pemerintah dari KKN,” ujarnya.

Ia menuturkan SKPD Lingkup Pemkot Makassar tidak boleh ada yang mengambil jarak dengan media karena sebuah instansi atau SKPD dapat besar karena media.

“Tidak boleh ada yang melarikan diri atau mengambil jarak dari media, kita bisa besar karena dari media, biarpun kegiatan kecil kalau media yang mengetahui pasti di ketahui banyak orang begitupun sebaliknya,” ungkapnya.

Kata Sittiara, media dalam melakukan peliputan juga harus profesional guna meningkatkan ankutabilitas publik juga media berperan menyediakan kontrol komunikasi, guna menghindarkan pemerintahan dari KKN.

Namun ia sangat menyayangkan, kegiatan yang digelar Bagian Humas kurang direspon baik oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sebab kurangnya partisipasi dari mereka.

“Kurang SKPD hadir, bagaimana mau menjalin sinergitas antara pemerintah dan media, padahal pemkot tidak bisa berjalan tanpa ada kerjasama dengan berbagai stakeholder termasuk seluruh media,” ujarnya.

Olehnya itu, dirinya berharap kepada media untuk saling bahu membahu membangun pemerintah yang profesional, transparan dan akuntabilitas. (nra/fly)

No Responses

Leave a Reply