Agen Laku Pandai Makin Tumbuh

Agen Laku Pandai Makin Tumbuh

RADAR MAKASSAR- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) mencatat jumlah agen Laku Pandai tumbuh 100,23% yoy menjadi 17.742 agen, dengan jumlah nasabah mencapai 286.798 nasabah dan nilai tabungan mencapai Rp74,26 miliar.

“Jumlah agen terbanyak terdapat di Makassar dengan 2.974 agen (share 16,76%), disusul Bone dengan 1.334 agen (share 7,52%), dan Maros dengan 1.222 agen (share 6,89%),” ujar Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi, beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, kata Zulmi, pertumbuhan agen laku pandai ini tidak sejalan dengan meningkatnya isi saldo. “Agennya bertambah, nasabahnya juga bertambah tapi saldonya berkurang,” kata Zulmi.

Ia menambahkan, pertambahan dari agen ini merupakan program dari perbankan untuk menjangkau masyarakat yang selama ini tidak terjangkau.

“Jadi laku pandai ini awalnya kita programkan untuk masyarakat yang tidak terjangkau. Tapi ternyata berkembang, bahkan di Makassar sendiri yang dimana kantor cabangnya dimana-mana tapi justru agen laku pandainya bertambah,” ucapnya.

Menurut Zulmi, agen ini difungsikan tidak hanya menerima nasabah saja tapi juga perpanjangan tangan dari perbankan jika ada yang butuh kredit.

“Asumsi kita secara positif, masyarakat yang tadinya menjadi nasabah di agen laku pandai ini jumlah uang yang disimpannya lebih dari 20 juta, sehingga tercatat sebagai nasabah bank biasa, maka dari itu saldonya berkurang,” jelasnya.

Zulmi juga mengaku, kehadiran Fintech sangat berpengaruh terhadap kehadiran laku pandai. Fintech sangat membantu akses masyarakat yang tadinya tidak terjangkau. Fintech ini sangat membantu di dalam mempercepat proses penyaluran dana.

“Fintech ini jelas mempengaruhi keberadaan dari laku pandai ini. Tapi fintech lebih fokus bagaimana mereka menyalurkan pinjaman bukan menyimpan karena fintech tidak di izinkan menyimpan,” pungkasnya.(wah/rah)

No Responses

Leave a Reply