Danny Minta Bantuan Warga Atasi Macet

Danny Minta Bantuan Warga Atasi Macet

RADAR MAKASSAR – Tingkat kemacetan di Kota Makassar terus menuai sorotan. Apalagi dengan adanya pengerjaan tol layang Pettarani.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto meminta warga Makassar bersabar. Kemacetan terjadi karena jumlah kendaraan tidak sebanding dengan ruas jalan. Belum lagi, tingkat kesadaran masyarakat masih minim. Misalkan melawan arus.

Makanya, diharapkan keterlibatan semua pihak dalam mengatasi persoalan kemacetan. Termasuk kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan. Kata Danny, warga dan pemerintah harus sama-sama bisa membenahi masalah ini.

“Masyarakat juga perlu diatur. Seperti sekarang, saya keras tentang parkir. Kenapa saya bikin denda parkir yang tinggi, itu caranya diatur. Jadi masyarakat mohon pengertiannya,” tegas Danny, sapaannya.

Danny optimis dengan hadirnya proyek pembangunan Integrated City Toll Road yang masuk dalam top 10 investasi the Next Makassar mampu menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan.

Jalan tol layang dengan panjang 4,3 km itu memiliki nilai investasi lebih dari Rp 2 triliun. Targetnya selesai pada 2020 oleh Bosowa Marga Nusantara (BMN) selaku kontraktor.

“Solusinya itu bagaimana menyambung Elevated Toll Road (tol layang) di Jalan AP Pettarani menjadi satu lingkar dalam. Kalau sudah menjadi Inner Ring Road (jalan bebas hambatan), Insya Allah bisa jadi solusi besar,” tambahnya.

Tol layang akan menghubungkan sejumlah ruas jalur trans nasional lain di Kota Makassar. Tahap awal, proyek tol akan menghubungkan Jalan AP Pettarani hingga Jalan Sultan Alauddin. Tol Layang juga memiliki jalur off/on ramp di tiga titik.

Yakni, di Jalan Urip Sumiharjo, Jalan Boulevard, dan Jalan Sultan Aluddin. Secara model, pemetaan perjalanan di Kota Makassar terjadi dari arah Barat ke Timur. Tepatnya dari arah kecamatan perbatas Kabupaten Maros menuju Kota Makassar dan Kabupate Gowa menuju Kota Makassar.

“Tapi kami belum memiliki jalan continue yang Barat ke Timur. Jadi itu teknikalnya. Pada saat bersamaan, kami sementara membenahi New Traffic Management,” tutur Danny. (nra/pop/fly)

No Responses

Leave a Reply