Polres Palopo Masih Tahap Klarifikasi ke Wartawan

Polres Palopo Masih Tahap Klarifikasi ke Wartawan

RADAR MAKASSAR – Wakapolres Palopo, Kompol Woro Susilo memberikan keterangan tentang pemeriksaan wartawan radarluwuraya.com

inisial WY dan IR wartawan Media Duta, sebagai saksi dalam masalah pemberitaan terlapor Rais Rahman, yang menjadi narasumber dalam berita itu.

Menurut dia, penyidik masih sedang bekerja mengumpulkan aduan dari pelapor yang dianggap mencemarkan nama baiknya.

“Ini masih tahapan klarifikasi berkaitan adanya pengaduan yang kami terima. Bisa lebih jelasnya, hubungi Kasat Reskrim yah,”tulisnya dalam pesan.

Sebelumnya, Anggota Lembaga Bantuan Hukum (LBH-Pers) Makassar Fajrin dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH-Pers) Makassar menilai aparat kepolisian dari Luwu Raya sangat melanggar aturan yang berlaku antara Polri dan Dewan Pers pusat.

“Tidak dibenarkan penyidik kepolisian memeriksa jurnalis tanpa didampingi hukum,”tegasnya LBH Pers.

Lebih jauh menurutnya, ketika aparat penyidik dari pihak kepolisian memahami aturan, pemeriksaan salah satu wartawan tidak akan terjadi.

Dimana seharusnya pers dilindungi dengan undang-undang tersebut sehingga untuk urusan pemberitaan yang dianggap mencemarkan nama baik, tentu saja polisi wajib menerapkan prinsip lex spesialis.

“Berdasarkan MoU Kapolri dengan Dewan Pers setiap perkara jurnalis dikedepankan menggunakan UU Pers,” ujarnya. (Inikata/Radarluwuraya/ind)

 

 

No Responses

Leave a Reply