Selama Dua Tahun, Tim Saber Pungli Tindaki 6.812 Kasus

Selama Dua Tahun, Tim Saber Pungli Tindaki 6.812 Kasus

RADAR MAKASSAR – Sejumlah prestasi yang dibuat oleh Kepolisian Republik Indonesia kian menarik perhatian publik, salah satunya disatuan Tugas (Satgas) Saber Pungli yang sudah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) sejak Oktober 2016 hingga Oktober 2018.

OTT tersebut hasil kerja sama Satgas Saber Pungli dengan Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Polri, UPP Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), UPP Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Widiyanto Poesoeko mengungkapkan, kepada seluruh peserta Rakernas bahwa untuk menghindari terjadinya salah tangkap perlu dibuatkan standar operasional prosedur (SOP) yang dimana OTT dilakukan secara bertahap serta ditindaklanjuti dengan penyelidikan oleh Pokja Intelijen dan kemudian dilimpahkan kepada Pokja Penindakan untuk dilakukan OTT dengan memperhatikan saran dan masukan dari Pokja Yustisi.

“Dalam kurun dua tahun data kasus yang diserahkan Aparat Penegak Hukum (APH) kepada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) daerah berjumlah 256 dari jumlah total 8.424 kasus. Namun sampai dengan saat ini belum ada laporan tindak lanjutnya, baik ke UPP Provinsi maupun Satgas Saber Pungli pusat”ungkap Irjen Pol Widiyanto Poesoko.

Satgas Saber Pungli melaporkan dari Oktober 2016 hingga Oktober 2018 sudah dilakukan 8.424 Operasi Tangkap Tangan (OTT), kegiatan OTT dalam dua tahun ini menyertakan Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Polri dan UPP Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, Irjen Pol Widiyanto Poesoko juga menyinggung soal laporan pengaduan masyarakat yang masuk mesti diteliti dan dipilah secara cermat , agar upaya ini bisa mengedepankan penanganan prioritas oleh UPP di daerahnya masing-masing.

“Adapun jumlah kasus pungli yang telah ditindaki selama dua tahun sebanyak 6.812 kasus dan dilakukan dengan pembinaan atau sanksi administrasi,” tutup Sekertaris Satgas Saber Pungli Irjen Pol Widiyanto di Bogor. (*/fly)

No Responses

Leave a Reply