Tujuh Rumah Sakit Belum Terakreditasi

Tujuh Rumah Sakit Belum Terakreditasi
Naisyah Tun Azikin

RADAR MAKASSAR.COM–Awal Januari lalu Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) telah menetapkan tidak lagi melayani rumah sakit yang tidak terakreditasi. Meski demikian, sampai saat ini belum ada pemutusan kerja dengan rumah sakit yang ada di Provinsi Sulawesi-Selatan, termasuk di Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan belum adanya pemutusan kerja antara BPJS dan RS yang belum terakreditasi karena pihak BPJS telah memberikan tenggang waktu selama enam bulan kedepan, kepada rumah sakit untuk mempersiapkan status terakreditasinya.
Naisyah menyebut, di Kota Makassar sendiri sebanyak 47 Rumah Sakit (RS), tersisa 7 rumah sakit yang belum terakreditasi, antara lain Rumah Sakit (RS) Grestilina, RS. Hikmah, RS. Restu, RS. Katrina Booth, RS. Gia Lestari, RS. Paramount, dan RS. Mutiara.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar itu mengaku usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakord) dengan Angggota DPR RI Komisi IX yang dihadiri dari berbagai pihak terkait. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI berharap rumah sakit yang belum terakreditasi segera mempersiapkan akreditasinya seperti di Kota Makassar.

“Rumah Sakit (RS) di Kota Makassar khususnya pada umumnya di Sul-sel yang belum terakreditasi diberikan waktu enam bulan untuk mempersiapkan akreditasi, begitupun harapan Kemenkes tadi di Rakord,” tukasnya.

Menurut Naisyah akreditasi tersebut harus dilakukan oleh rumah sakit, jika kalau tidak terakreditasi, masyarakat yang memiliki kartu BPJS lalu masuk di rumah sakit yang sudah diputuskan hubungan kerjanya akan dikenakan biaya.

“Kalau tidak terkareditasi tidak boleh lagi bekerja sama dengan BPJS sehingga harapannya dari Kemenkes yang hadir agar semua rumah sakit yang tidak terakreditasi segera mempersiapkan akreditasi kalau tidak bekerja sama, masyarakat pasti membayar khususnya masyarakat yang memiliki BPJS,” ungkapnya.

Adapun jumlah Rumah Sakit di Kota Makassar sebanyak 47 dengan rincian rumah sakit tipe B sebanyak 19, Rumah Sakit Umum (RSU) sebanyak 15, rumah sakit tipe C sebanyak 6.

Sementara Walikota Makassar Muhammad Ramdhan Danny Pomanto menegaskan terkait hal tersebut mengimbau pihak rumah sakit agar mempersiapkan akreditasinya karena menyangkut masalah rakyat. “Karena masyarakat tidak mau tau akreditasi atau tidak yang dia taunya yang penting rumah sakit dan sudah bayar BPJS,” tuturnya.

Penulis : Hendra

No Responses

Leave a Reply