Harian Radar Makassar Pembaca Terbanyak Kedua di Sulsel

Harian Radar Makassar Pembaca Terbanyak Kedua di Sulsel

RadarMakassar.com–Lembaga Celebes Research Center (CRC) mensurvei koran atau surat kabar yang paling sering dibaca dalam tiga bulan terakhir.
Dari survei tersebut, ada 37,3 persen responden yang sering membaca koran, sementara 21,6 persen tidak menjawab.

Di rank pertama, CRC mencatat koran yang paling sering dibaca adalah Harian Fajar 43,1%, Harian Radar Makassar 19,7%, Harian Tribun Timur 14,4%, Kompas 1,3%, Berita Kota Makassar, 0,7 persen, Rakyat Sulsel, 0,7 persen dan lainnya 2,8 persen. Setiap responden diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam kuesioner tentang koran apa yang mereka baca.

“Untuk kategori kali ini, ada konten khusus yang disukai masyarakat dari tiap-tiap koran yang dibaca. Misalkan Radar, pembacanya bahkan lebih tinggi dibanding Tribun dan koran lainnya,” kata peneliti CRC, Saiful Bahrie, kemarin.

Bahkan, kata Saiful, persentase angkanya lumayan jauh dari koran lainnya. Hal tersebut ditentukan berdasarkan jumlah pembaca atau readership. Dia mengakui, dari sisi penyebarannya, Radar Makassar memiliki pembaca yang cukup loyal. Selain tersebar di pemerintahan, Radar juga mampu menyasar wilayah-wilayah kecil, seperti lorong. Namun, pembacanya akan lebih kecil bila dibandingkan dengan koran lain seperti Fajar dan Tribun yang penyebarannya merata di Sulsel.

“Meski belum bisa mengalahkan Fajar, hal ini sudah sangat bagus. Tidak terlalu besar, tapi angka itu cukup besar buat media-media yang masih mudah,” kata dia.
Dari hasil tersebut, kemudian diolah dengan metode tertentu plus pembobotan sehingga ditemukan angka yang mendekati kenyataan. “Ini metode yang fair, bukan oplah yang kami hitung, tapi jumlah pembacanya. Karena setiap satu lembar koran itu bisa dibaca beberapa orang,” jelasya.

Selama empat tahun, kami berusaha menjadikan Radar sebagai koran yang mengedukasi tanpa mengesampingkan kode etik jurnalistik. Rubrik RT/RW salah satu menjadi andalan pembaca dengan tagline pilihan pembaca cerdas.

Ketua RT7/ RW2 Kelurahan Wala-walaya Kecamatan Tallo, Junaidi Cambi mengaku salah satu pembaca setia. Ia berharap Radar bisa menjadi media pusat informasi dan menyajikan fakta yang dibutuhkan warga.

Hal yang sama diungkapkan Ketua RT2/ RW4 Kelurahan Mampu, Kecamatan Wajo, Nasution Jarre. “Radar Makassar adalah media yang menyajikan berita aktual dan terpercaya. Selaku tokoh masyarakat, saya senang membaca koran Radar Makassar. Selain menambah wawasan, beritanya bisa menjadi inspirasi untuk membantu mewujudkan program pemkot Makassar. Jadi, saya menilai Radar Makassar ikut memberikan konstribusi dalam pembangunan kota Makassar,” tuturnya.
Seluruh redaksi Harian Radar Makassar mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca yang masih setia. ‘Cerdaskan pikiran, bacaki’ Radar Makassar’. (m1-fly/pop)

No Responses

Leave a Reply