Berita Kota Makassar Launching RT/RW Caradde

Berita Kota Makassar Launching RT/RW Caradde

RADAR MAKASSAR – Ajang pemilihan RT-RW Caradde se Kota Makassar dilaunching, Rabu, 20 Februari 2019 di tribun tertutup, Lapangan Karebosi Makassar.

Kegiatan tersebut dibuka secara simbolis oleh Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Irwan Bangsawan bersama-sama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail dan Direktur Utama Harian Berita Kota Makassar, Mustawa Nur.

Ratusan orang dari 15 kecamatan se Kota Makassar menghadiri kegiatan ini. Bukan sekadar menonton menyaksikan launching event, namun terlibat dalam adu kreatif mempersembahkan yel-yel pembangkit semangat.

Festival RT-RW Carradde ini merupakan ajang adu gagasan, inovasi, kreatifitas para RT-RW se Kota Makassar.
Sebanyak 150 RT-RW akan bersaing untuk menjadi yang terbaik berdasarkan penilaian dewan juri. Setiap kecamatan diwakili 10 RT-RW yang sudah dipilih.
Dari 150 RT-RW tersebut, akan disaring satu RT-RW untuk mewakili setiap kecamatan.

Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Pemkot Makassar, Andi Rahmat Mappatoba mengatakan, 150 RT-RW se Kota Makassar akan mengikuti tahapan seleksi dari Januari hingga 19 Maret mendatang.

Ada sembilan indikator penilaian yang akan menjadi acuan dewan juri menentukan RT-RW Caradde. Diantaranya, RT-RW wajib menyosialisasikan programnya. Mulai dari kerja bakti, inovasi yang dilakukan, serta agenda positif lainnya.

Seluruh RT-RS yang berkompetisi pada ajang ini akan mengikuti proses polling yang bisa diakses dalam portal berita milik Harian Berita Kota Makassar yakni ujungjari.com. Penentuan polling atau rangking RT-RW berdasarkan polling terbanyak.

“Jadi RT-RW peraih polling terbanyak, itulah nanti yang mewakili kecamatan masing-masing. Akan terpilih 15 besar,” ungkap Andi Rahmat.

Pada tahapan akhir, akan terpilih juara 1, II, dan III hingga harapan I, II, dan III. Selain itu, juga akan dipilih juara favorit.
Tahapan evaluasi untuk menuju grand final, akan berlangsung 20 Maret hingga 10 April.

Sementara penentuan juara akan dilakukan pada 13 April 2019 mendatang bertempat di Lapangan Karebosi.
Festival RT-RW Caradde ini memperebutkan hadiah berupa uang tunai total senilai Rp100 juta, piala bergilir dan piala tetap.

Direktur Utama Harian Berita Kota Makassar, Mustawa Nur mengatakan,festival RT-RW Caradde ini bisa menjadi laboratorium untuk memperlihatkan kolaborasi dalam meraih prestasi yang membanggakan

Dia menekankan, Harian Berita Kota Makassar cukup konsisten terlibat dalam kegiatan semacam ini karena RT-RW adalah pahlawan kerakyatan. Cara berpikir mereka orisinil dan tidak direkayasa.

“Kita harus merangkul mereka agar senantiasa melekat di hati masyarakat dan pemerintah. Prinsipnya, tumbuh bersama dalam kebersamaan. Kami akan terus mengawal itu,” ungkap Mustawa.

Irwan Bangsawan, menjabat sebagai Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Andi Irwan Bangsawan mengatakan kegiatan ini sangat positif untuk menggugah semangat para RT-RW untuk berkarya meraih prestasi.

“Ajang ini memberi kesempatan kepada RT-RW untuk berkarya, berinovasi, dan berprestasi. Ini gagasan yang sangat brilian,” kata Asisten II.
Dia mengemukakan, di bawah kendali Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, berbagai gebrakan dilakukan. Termasuk memberi stimulus kepada RT-RW untuk berinovasi sesuai karakter masing-masing wilayah. (*/fly)

No Responses

Leave a Reply