12 CPNS Belum Kantongi NIP

12 CPNS Belum Kantongi NIP
Ilustrasi CPNS

RADARMAKASSAR.COM–Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar berharap Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar segera mengeluarkan Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lolos.

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Informasi BKPSDM Kota Makassar, Abd Kadir Masri, menyebutkan dari 461 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lolos, tinggal 12 CPNS yang belum mengantongi NIP.

“Sebenarnya pemberian NIP bagi CPNS lingkup Pemerintah Kota Makassar sudah ada, tinggal 12 CPNS yang belum mengantongi NIP, dan CPNS yang sudah ada NIP-nya BKN sudah menyerahkan ke kita hanya belum kita keluarkan sebelum rampung semua,” kata Masri saat dikonfirmasi, Rabu (3/4).

Menurut Masri, CPNS yang sudah memiliki NIP, saat ini pihak BKPSDM Kota Makassar tengah menginput barcode SK-nya sebelum diserahkan ke Wali Kota Makassar untuk ditandatangani.

“Kita belum keluarkan sebelum rampung, dan NIP CPNS yang sudah ada sementara kita input untuk buatkan barcode SKP sebelum ditandatangani oleh pak wali,” ulasnya.

Ia juga mengaku, agar NIP CPNS yang dinyatakan lolos segera rampung, olehnya itu pihak BKPSDM Makassar terus berkoordinasi ke BKN.

“Teman-teman di BKD hampir setiap hari ke BKN untuk mengurus hal ini, dan kita juga memahami bahwa Wilayah Kanreg BKN Kota Makassar jangkauannya bukan hanya Sulsel tapi luas, bahkan luar dari wilayah Provinsi Sulsel seperti Palu, bahkan Kendari, tapi kita harap Makassar dalam dekat ini dirampungkan,” ucap Masri.

Sementara Kepala Badan Kepala Kepegawaian Negara (BKN) Kanreg Wilayah IV Makassar, Harun Arsyad mengakui masih banyak daerah yang belum rampung NIP CPNS-nya.

Hal tersebut, kata Harun lantaran masih ada CPNS yang dinyatakan lolos, perlu melengkapi berkas yang menjadi persyaratan, sehingga penetapan NIP memakan waktu yang cukup lama, karena terlebih harus berkoordinasi terus dengan Panselnas di Jakarta.

“Begini bagi instansi yang sudah selesai NIP-nya kita sudah serahkan, ada memang instansi yang belum karena memang masih ada kelengkapan berkas, ada permasalahan-permasalahan yang harus dikonsultasikan lagi ke Panselnas di Jakarta,” ungkap Harun.

Harun, mengakui sebelumnya jika persoalan penerbitan NIP, BKN telah menargetkan semuanya rampung pada awal April.

“Memang target kita kemarin harus 1 April sudah rampung semua, kami selesai diproses tetapi ada beberapa kendala termasuk formasi sehingga belum bisa selesai dan itu kemarin kita konsultasikan,” ungkapnya.

Namun untuk Kota Makassar, sambung Harun tinggal 12 CPNS yang belum keluar NIP-nya dan saat sudah berjalan lagi, kata dia satu dua pihaknya akan konsultasikan ke Panselnas.

“Target kita pekan pertama April sudah selesai kita berharap mudah-mudahan sudah selesai,” tutupnya.(nra/rah)

No Responses

Leave a Reply