Tim Sindawa Tarang Sayangkan Tindakan Oknum Perubah Suara

Tim Sindawa Tarang Sayangkan Tindakan Oknum Perubah Suara

RADAR MAKASSAR – Tim Pejuang Calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dapil Sulsel nomor urut 39, Sindawa Tarang sangat menyayangkan tindakan oknum yang diduga sengaja mengurangi suara jagoannya. Mereka pun mengaku dirugikan atas kondisi tersebut.

Hal tersebut seolah-olah massif terjadi di beberapa kabupaten dan kota se-Sulsel. Buktinya, di TPS 5 Kelurahan Pa’baeng-baeng Kecamatan Parang Tambung Makassar, dari 44 berdasarkan C1 menjadi 5 suara. Setelah dikonfirmasi ke pihak penyelenggara, kejadian tersebut diakuinya salah tulis lantaran mengantuk.

Buktinya pula, di TPS 1 Kelurahan Masumpu Kecamatan Tanete Riattang Bone, suara Sindawa Tarang yang awalnya 88 suara di C1 menjadi 9 suara. Begitupula di TPS 14 di kelurahan yang sama, awalnya suara Sindawa Tarang berjumlah 11 suara di C1 dan kemudian menjadi hanya 1 suara.

Selaku koordinator Tim Pejuang ST 39 Kabupatrn Bone, mengaku telah melaporkan hal tersebut ke pihak penyelenggara dan panwas.

Kejadian serupa juga terjadi di proses rekap kecamatan di TPS 5 Kelurahan Lamalaka, kecamatan Bantaeng, suara Sindawa Tarang di C1 awalnya 11 menjadi hanya 1 suara.

Koordiantor Data Perolehan Suara Markas Besar Pemenangan ST 39, A. Memet mengaku kaget mendengar data kecurangan tersebut.

Pihaknya pun meminta kepada semua pihak, khususnya kepala desa dan kelurahan untuk mengawal suara rakyat. “Ini suara rakyat jangan diubah-ubah dengan alasan capek, lupa dan lain sebagainya oleh penyelenggara, karena ini disinyalir hanyalah modus untuk memuluskan kecurangan itu, lantaran terjadi di beberapa kabupaten dan kota. Dari awal kami tidak pernah melibatkan kepala desa ataupun pemerintah daerah dalam proses pencalonan ini, namun hasil perolehan ini adalah hasil dari keinginan masyarakat yang harus dikawal bersama oleh semua pihak, masyarakat, terutama aparatur,” tegas memet. (rls)

No Responses

Leave a Reply