Trakindo Gelar “Cat Global Operator Challenge” di Makassar

Trakindo Gelar “Cat Global Operator Challenge” di Makassar

RADARMAKASSAR.COM – PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali melakukan pencarian operator alat berat terbaik di Indonesia melalui “Cat Global Operator Challenge” di Makassar.

Dalam kegiatan tersebut, pemenang dari babak penyisihan akan bersaing dengan kontestan terbaik dari kota lainnya, yaitu  Banjarmasin, Yogyakarta, dan Palembang, pada babak final di Jakarta. Pemenang dari kompetisi tingkat nasional akan berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang tingkat dunia.

Division Head Construction Industry Marketing Trakindo, Rozy Andrianto mengatakan, ajang Cat Global Operator Challenge ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Trakindo dalam mendukung peningkatan prestasi operator alat berat Indonesia.

“Operator adalah salah satu elemen terpenting dalam kesuksesan pekerjaan industri yang melibatkan alat berat. Semakin andal seorang operator dalam mengoperasikan alat berat, akan semakin besar pengaruh terhadap peningkatan produktivitas pekerjaan. Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat mendorong semangat para operator tanah air, khususnya di Makassar untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam mengoperasikan alat berat, dan meningkatkan produktivitas pekerjaan,” kata Rozy.

Pada kompetisi ini, lanjut dia, berbagai konfigurasi rintangan disiapkan untuk membuktikan keandalan peserta. Operator alat berat ditantang uji kemampuan meliputi ketepatan, kegesitan, ketangguhan mental, fleksibilitas.

“Juga kemampuan menggunakan fitur teknologi yang terintegrasi untuk meningkatkan kinerja dengan mengunakan berbagai jenis alat berat Cat, sembari menjaga aspek keselamatan kerja,” tuturnya.

Menanggapi peluang operator alat berat asal Makassar di kompetisi ini, General Manager East Indonesia, Berton Gurning mengegaskan, jika PT Trakindo Utama optimistis bahwa operator alat berat tanah air khususnya Makassar memiliki kemampuan yang andal dan dapat bersaing dengan operator alat berat terbaik lainnya di seluruh dunia.

“Beragam kebutuhan alat berat di wilayah Makassar untuk memenuhi kebutuhan mulai dari pertambangan, hingga pembangunan waduk dan infrastruktur menjadikan operator di wilayah Makassar terlatih dan mampu beradaptasi dengan cepat menyesuaikan kondisi lapangan,” jelas Berton.

Kompetisi ini merupakan bagian dari acara Cat Global Operator Challenge yang diselenggarakan oleh Caterpillar pada tingkat dunia. Kontestan terbaik tingkat nasional akan mewakili Indonesia dalam final regional yang diadakan di Jepang, pada November 2019. Para kontestan yang berhasil lolos pada babak tersebut akan mengikuti final global yang diadakan di Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Maret 2020.

Penyelenggaraan Operator Challenge Makassar diawali dengan pelaksanaan Trakindo Roadshow pada hari sebelumnya dengan memperkenalkan hydraulic excavator kelas 30 ton generasi terbaru (Next Generation), yaitu Cat 330 GC dan Cat 330 yang dilengkapi dengan berbagai teknologi masa depan, menjadikannya lebih andal, produktif, bertenaga, dan hemat bahan bakar.

“Kehadiran produk terbaru ini merupakan bagian dari komitmen Trakindo dalam memberikan pilihan solusi terbaik bagi pelanggan, yang diharapkan dapat berkontribusi pada kemajuan pembangunan Indonesia,” pungkas Rozy.

Berikut produk produk terbaru Trakindo:

  1. Cat 330 GC

Cat 330 GC dilengkapi dengan bucket heavy duty yang lebih besar, yaitu 2.1m3, membuatnya memiliki daya gali yang lebih kuat. Produk ini pun memiliki tenaga mesin lebih besar dari generasi sebelumnya yaitu 212HP, dan menghasilkan siklus pekerjaan (cycle time) lebih cepat dengan swing speed 11,5RPM.

Teknologi yang disematkan dalam unit Cat 330 GC mampu menekan biaya pemeliharaan lebih rendah hingga 20%, waktu perbaikan unit berkurang hingga 30%, serta lebih hemat bahan bakar hingga 10% dari generasi pendahulunya.

  1. Cat 330

Dibanding pendahulunya Cat 330 memiliki daya yang lebih besar yaitu 260HP, juga torsi swing dan counterweight lebih besar, ditambah dengan ukuran bucket standar terbesar di kelasnya yaitu 2,4m3 membuatnya menghasilkan kapasitas angkat yang lebih besar hingga 15%. Cat 330 pun lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar hingga 15%.

Teknologi yang dimiliki produk ini juga dilengkapi dengan fitur Cat Connect yang mampu meningkatkan efisiensi pengoperasian hingga 45%, serta didukung dengan fitur terdepan; seperti Cat Grade with 2D, Cat Lift Assist, Cat Grade with Assist, Cat Payload, serta E-fence yang secara otomatis akan menghentikan pergerakan ekskavator berdasarkan batas yang sudah ditentukan sebelumnya, hal ini juga akan membuat operator lebih percaya diri saat bekerja dekat rintangan.

Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, Trakindo juga memiliki fasilitas kelas dunia untuk menjamin kemudahan pelanggan setianya. Jaringan dukungan Trakindo yang berada di lebih dari 60 lokasi siap melayani pelanggan di seluruh Indonesia. Pelanggan juga dapat menghubungi Trakindo Contact Center 1-500-228 (1-500-CAT) yang beroperasi 24 jam dan terintegrasi dengan Services Command Center. (*)

No Responses

Leave a Reply