Bertemu Bupati, Guru Besar Unhas lngin Kembangkan Pariwisata di Soppeng

Bertemu Bupati, Guru Besar Unhas lngin Kembangkan Pariwisata di Soppeng

RADARMAKASSAR.COM – Guru Besar Fakultas Budaya Universitas Hasanuddin Makassar, Prof DR Hj Nurhayati menjalin silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Soppeng. Kunjungan praktisi budaya itu diterima langsung oleh Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak didampingi Kadis Kominfo Soppeng Sarianto, di Rujab Bupati Soppeng, Sabtu (21/09/2019)

Dalam kunjungan tersebut, Prof Nurhayati memberikan pandangan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) tentang pengembangan Destinasi Wisata dengan menjadikan Kampung Umpungeng menjadi Kampung Budaya.

“Saat ini Pemda Kabupaten Soppeng telah memulai dengan membangun Infrastuktur jalan, sehingga akses menuju Umpungeng lebih bagus dilalui,” ujar Andi Kaswadi.

Sementara, Prof Nurhayati menjelaskan, pertemuannya dengan Bupati Soppeng hanya memberikan konsep dasar untuk mengembangkan budaya. Salah satunya adala membangun rumah-rumah Adat.

“Saat ini kita perlu memberikan keleluasaan masyarakat untuk membangun Desanya sendiri dengan meningkatkan sektor budaya,” tuturnya.

Terkait konsep kampung budaya, lanjut Prof Nurhayati, merupakan konsep yang dimiliki Negara Modern seperti Amerika dan Jepang. Dimana, kampung budaya kedua negara tersebut dijadikan sebagai objek wisata terlaris dengan pemandangan yang alami, dan kehidupan masyarakat nya yg lebih Natural.

“Kalau konsep ini dilakukan, kita hanya Subsidi rumah-rumah penduduk agar layak ditempati tamu-tamu yang datang dan dapat menikmati suasana dengan tampilan rumah penduduk yang sesuai dengan bentuk aslinya,” ujarnya.

Prof Nuhayati sangat mengharapkan agar Umpungeng dijadikan sebagai Kampung Budaya karena dinilai bisa meningkatkan kehidupan masyarakat sehingga kehidupannya lebih sejahtera.

“Saya sudah sampaikan ke Bapak Gubernur bahwa kami tidak akan mencari proyek tetapi ini saja diwujudkan kami

merasa bangga, agar dapat menjadi percontohan di Sulawesi Selatan,“ harapnya.

Sementara, Kadis Kominfo Soppeng, Sarianto mengatkan, pertemuan ini dengan tim Fakultas Budaya Unhas sudah sejakan dengan RPJMD Pemkab Soppeng.

“Kedepannya konsep kampung budaya Umpungeng akan menjadi bagian program Destinasi Wisata Soppeng,” tutupnya. (rul)

No Responses

Leave a Reply