BRSPDF – Perdik Sulsel Gagas Perintisan Desa Inklusi

BRSPDF – Perdik Sulsel Gagas Perintisan Desa Inklusi

RADARMAKASSAR.COM –Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Di Makassar bekerjasama Pergerakan Difabel Indonesia Untuk Kesetaraan (Perdik) Sulawesi Selatan menggagas Program Perintisan Desa Inklusi yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Gagasan untuk merintis Desa inklusi terlontar saat Kunjungan kerja Kepala BRSPDF Wirajaya Makassar Syaiful Samad di kantor Perdik Sulsel, Senin (30/09/2019).

Pada pertemuan tersebut sempat juga dibahas tentang rencana pelaksanaan kegiatan Temu Inklusi Nasional ke 4 yang diagendakan pada tahun 2020 mendatang. Sebelumnya, pihak Perdik Sulsel Melalui Direkturnya Rahman menjelaskan akan Konsep dan berbagai kegiatan Perdik dalam mendorong pemberdayaan penyandang disabilitas, mulai dari kegiatan Advokasi difabel yang berhadapan dengan hukum, kegiatan pengembangan literasi melalui pustakabilitas, kegiatan pengorganisasian difabel di Desa, serta kegiatan menulis bagi difabel di Blog Perdik.

Didampingi salah seorang staf BRSPDF Wirajaya Makassar Muh.Soleh, Syaiful menyampaikan jika kedatangannya di kantor Perdik, tentu ia menaruh harapan besar akan peran-peran strategis Perdik dalam mendorong peningkatan kapasitas dan kemandirian bagi penyandang disabilitas, utamanya dalam menerapkan terapi psikososial, terapi vokasional dan terapi mental, serta penguatan pada dukungan keluarga (Family Support).

Dalam kunjungannya di kantor Perdik, Syaiful beserta rombongan disambut langsung oleh Direktur Perdik Sulsel Rahman dan juga salah satu pendiri Perdik Sulsel Ishak Salim.

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, baik tentang aktifitas Tugas dan peran BRSPDF Wirajaya Makassar dalam memberikan pelayanan Rehabilitasi Sosial Tingkat Lanjut untuk penyandang Disabilitas.

Demikian halnya terkait kegiatan Pendampingan Sosial, Pemberian Dukungan Teknis, serta kegiatan Dukungan Aksesibilitas bagi penyangdang Disabilitas Fisik yang berada di 17 Provinsi di wilayah kerja BRSPDF Wirajaya di Makassar.(**)

No Responses

Leave a Reply