Dekan FKIP Unismuh Apresiasi Film Ati Raja

Dekan FKIP Unismuh Apresiasi Film Ati Raja

RADARMAKASSAR.COM – Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar, Erwin Akib mengapresiasi Film Ati Raja, yang merupakan karya sastra putra Bugis-Makassar.

Menurutnya, Film Ati Raja merupakan satu karya anak Makassar yang luar biasa, karena mampu menghadirkan dan menghidupkan kembali bagaimana budaya karya sastra Makassar yang pernah muncul beberapa puluh tahun lalu dari seorang Ho Eng Dji.

Menariknya karena sosok Tionghoa dari Makassar yang ditampilkan sehingga mampu menghadirkan karya lokal.

“Film ini tidak lama lagi akan tayang di sejumlah bioskop tanah air. Hadir ditengah masyarakat, film Ati Raja menularkan nilai edukasi sosial budaya yang patut mendapatkan apresiasi semua kalangan,” kata Erwin Akib, saat memberikan sambutan dalam sosialisasi nilai edukasi sosial budaya Film Ati Raja, di Auditorium FKIP Unismuh, Rabu (06/11/2019) siang.

Karya ini, lanjut Erwin, sebuah inspiratif sekali bagi masyarakat, karena hampir tidak ada lagi putra Tionghoa yang mampu melahirkan karya-karya seperti itu. Sebab, hadirnya karya sastra itu  merupakan hal yang luar biasa, sehingga  patut diapresiasi karena bisa memberi edukasi tersendiri bagi warga kota Makassar.

“Saran saya sebaiknya Film ini jangan hanya di tonton di Makassar atau di Indonesia saja tapi bagaimana film ini bisa merambah di wilayah asian,” ucap Erwin.

Nilai edukasi yang dapat dipetik dalam film ini, kata Erwin, karena bisa membuka kembali sejarah keberadaan warga Tionghoa di Makassar sejak dulu. Dimana warga Tionghoa  mampu beradaptasi dan bisa menciptakan karya sastra yang bernilai lokal.

“Ada nilai budaya yang dilahirkan oleh Ho Eng Dji itu dan bagaimana kita menghargai karya sastra yang dilahirkan para maestro-maestro dari latar belakang suku dan rasnya berbeda,” jelasnya. (jar)

No Responses

Leave a Reply