Polda Sulsel Amankan Ribuan Barang Impor Asal Malaysia dan China

Polda Sulsel Amankan Ribuan Barang Impor Asal Malaysia dan China

RADARMAKASSAR.COM – Ribuan kemasan barang impor selundupan dari Malaysia dan Cina ditangkap aparat kepolisian di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (29/11/2019) pagi.

Barang selundupan yang terdiri dari karpet, alat rumah tangga, produk makanan dan minuman serta kosmetik yang tak bermerek dari Malaysia dan China, diangkut dari Pelabuhan Tunontaka Nunukan, Kalimantan Utara menuju Pelabuhan Nusantara Parepare menggunakan armada kapal swasta.

“Penangkapan ini hasil laporan importir resmi yang resah karena ulah sejumlah pengusaha importi di Kota Parepare. Mereka (importir tidak resmi) menyelundupkan barang-barangnya disela-sela barang milik improtir yang resmi,” urai Kasubdit Reskrimsus Dit Intelkam Polda Sulawesi Selatan, Kompol Sugeng Setia Budi.

Sugeng menuturkan, pihaknya telah mengantongi tiga nama pengusaha importir ilegal yang diduga sebagai penyelundup.

“Tiga nama pengusaha importir itu adalah, Haji Ical, Haji Suryadi dan Haji Asdal. Ketiganya merupakan pengusaha besar barang-barang impor. Mereka menyelundup karena tidak bayar pajak, sementara importir resmi yang terus bayar pajak,” terangnya.

Ribuan barang bukti selundupan yang dikemas dalam karung dan kardus, kata dia, akan dibawa ke Polda Sulsel. Sementara ketiga importir yang diduga ilegal akan diperiksa polisi. (ard)

No Responses

Leave a Reply