Adik dan Paman Anggota TGUPP Jabat Posisi Strategis di Pemprov

Adik dan Paman Anggota TGUPP Jabat Posisi Strategis di Pemprov

RADARMAKASSAR.COM – Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) di Pemprov Sulsel ternyata multiperan. Selain untuk membantu mensinkronkan program Gubernur, juga mengutak-atik jabatan untuk keluarganya.

Salah satu anggota TGUPP bidang sosial masyarakat misalnya, Jayadi Nas. Dua kerabatnya menempati posisi strategis di Pemprov Sulsel.

Dia adalah Kasmin adik kandung Jayadi Nas, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial di Dinas Sosial dan pamannya, Riswan yang menjabat sebagai Kepala Bidang Mutasi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Mereka dilantik pada Jumat (31/1) lalu. Pelantikan massal pejabat eselon III dan IV oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pekan lalu memang menyisahkan sejumlah masalah.

Selain karena ada puluhan pejabat administrator dan pengawas yang nonjob, juga karena ada pejabat yang disebut pensiun dan telah meninggal turut disebut namanya. Kini, ternyata TGUPP juga turut berperan di balik pelantikan tersebut.

Pengamat pemerintahan Unhas M. Darwis mengatakan peran TGUPP di Pemprov Sulsel cukup merusak sistem kepemerintahan yang berjalan.

Bukannya mempercepat program, malah sibuk mengurusi jabatan.

“TGUPP ini diberikan kepercayaan untuk membantu program Gubernur, bukan urus jabatan. Tapi akan ketahuan nantinya kalaua pejabat yang tidak punya kemampuan apapun,” ujar Darwis.

Ia mengatakan Pemprov harus berpedoman ke assessment. Bukan karena lobi-lobi politik dan kepentingan lain. Bahkan proses assesment haram hukumnya dicampuri. Itu aturan Undang-undang kepegawaian.

“Tapi saya lihat di Pemprov ini faktor like dan dislike. Gubernur juga harus mengevaluasi kinerja mereka dalam waktu enam bulan pertama, jika dalam tenggat waktu itu hasilnya tidak bagus, harus diganti siapapun pejabatnya,” tukas Darwis. (pop)

No Responses

Leave a Reply