Pelindo Naikkan Retribusi Pelabuhan Paotere Hingga 35 Persen

Pelindo Naikkan Retribusi Pelabuhan Paotere Hingga 35 Persen

RADARMAKASSAR.COM – Kebijakan Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar tiba-tiba melakukan kenaikan harga hingga 35 persen. Pasalnya, harga tersebut dinilai sangat memberatkan para sopir bongkar muat di area tersebut (Paotere).

“Mahal na retribusi sekarang. Padahal tidak begitu ji biasanya,” keluh salah satu sopir angkutan air, SD, yang ditemui di Pelabuhan Paotere, Sabtu (08/03/2020).

Menurutnya, retribusi pelabuhan paotere sangat memberatkan para sopir yang melakukan muatan di area tersebut (paotere). Sebab, harga yang diberikan tidak main-main dan tembus kisaran 35 persen.

“Baru-baru retribusi jasa air bersih Rp 35 ribu. Dan sekarang naik menjadi Rp 75 ribu. Ditambah lagi Pas Pelabuhan Rp 15 ribu. Kalau kita hitung setiap masuk di Pelabuhan Paotere kita bayar Rp 90 ribu. Lebih besar dari harga air yang kami jual,” bebernya.

Ia menyarankan, seharusnya Pelindo jangan terlalu membebani masyarakat khususnya sopir yang melakukan bongkar muatan di area itu. “Ini mi yang siksaki ka tidak semua muatan nilai besar. Kalau kayak air itu harga nya kecil dan tidak sesuai retribusi yang kami bayar tiap mengantar muatan di Area tersebut,” ujarnya.

Di tempat yang sama, salah satu petugas Pelindo yang ditemui di area tersebut mengaku jika dirinya hanya menjalankan aturan yang ditetapkan. Sebab, kebijakan kenaikan retribusi telah ditentukan oleh pimpinan.

“Sekarang Rp 90 ribu. Dia kasi naikki bos ka. Retribusinya ji yang naik. Sedangkan pas pelabuhan tetap ji,” akunya. (raj)

No Responses

Leave a Reply