Temui Perantau Kalimantan, Chaidir Syam Bagikan Ratusan Masker di Tengah Laut

Temui Perantau Kalimantan, Chaidir Syam Bagikan Ratusan Masker di Tengah Laut

Sejak subuh Kamis 2 April, Wakil Ketua DPRD Maros Chaidir Syam bersama tim penanggulangan Covid 19 Desa Pajukukang, Kecematan Bontoa telah bersiap naik ke kapal motor yang biasa digunakan menangkap ikan.

Mereka langsung menuju lautan lepas mendatangi satu persatu kapal motor penangkap ikan yang telah tiba sejak dini hari. Mereka adalah warga desa yang pulang usai mencari nafkah menjual ikan di Kalimantan Selatan.

Warga perantau ini pulang secara bertahap sejak kemarin, Rabu, 1 April 2020. Jumlahnya 150 orang dengan 7 kapal dan 1 jolloro. Menyusul 130 warga dengan 8 kapal dan 4 jolloro.

Chaidir Syam mengapresiasi kinerja tim penanganan Covid-19 Desa Pajukukang. Yang langsung berinisiatif melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tiap bagian kapal sebagai bentuk pencegahan dari peredaran virus cofid 19.

“Paling tidak, dengan penyemprotan ke kapal, kalau ada virusnya, bisa dimatikan. Begitu juga untuk pemeriksaan kesehatannya. Kalau memang ada yang terindikasi (Covid-19), bisa diantisipasi,” katanya.

Sebagai bentuk perlindungan sebelum berinteraksi dengan keluarga mereka, Chaidir juga membagi bagikan ratusan masker kepada tiap penumpang kapal.

Sementara itu Kepala Desa Pajukukang, Saharuddin mengatakan, aktivitas mudik ini memang sudah rutinitas tiap tahun. Mereka biasanya pulang mendekati hari pertama Ramadan. Namun, kali ini tergolong cepat.

“Belum waktunya untuk pulang. Tapi karena ada corona, mereka cepat pulang,” kata Saharuddin.

Saat tiba di tambatan kapal Pa’rasangang Beru Bontoa, kapal yang ditumpangi mereka langsung disemprot disinfektan. Selain itu, tim medis langsung memberikan pemeriksaan kesehatan kepada penumpang. (*)

No Responses

Leave a Reply