Suara Seri, Hasil Pilkades Balangtaroang Baru Dipleno

Suara Seri, Hasil Pilkades Balangtaroang Baru Dipleno

BULUKUMBA, RADARMAKASSAR.COM – Pemilihan  serentak Kepala Desa (Kades) Kabupaten Bulukumba, pada 5 Maret 2020 lalu dinyatakan seri untuk Desa Balangtaroang. Dalam pemilihan tersebut tercatat 2 calon yang memiliki suara seri, diantaranya nomor urut 1 (Jusman, SE), sebanyak 564 suara sementara memiliki nilai tertulis saat tes bakal calon di Dinas PMD Bulukumba dengan jumlah (70) dan nomor urut 5 (Abdul Waris) 564 suara serta nilai tertulis dengan jumlah (78)

Meski diketahui, ada aturan yang mengatur tentang calon yang memiliki jumlah suara yang seri maka akan di lihat kembali nilai tertulisnya pada saat mengikuti tes bakal calon yang dilakukan oleh Dinas PMD atau jika nilai tertulis juga sama maka kembali akan melihat jumlah keterwakilan DPT di setiap dusun tempat tinggal calon.

Namun demikian, calon nomor urut satu menggugat, akhirnya pleno penetapan kades terpilih sempat tertunda sekitar 2 bulan lamanya

Berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Bulukumba bernomor: 188.45-294 Tahun 2020, tentang penetapan tindakan diskresi terhadap hasil pemilihan kepala desa tahun 2020 di Desa Balangtaroang akhirnya pihak Panitia Pemilihan Kepala Desa Balangtaroang melakukan Rapat Pleno pada hari Kamis 4/6 kemarin.

Saat di konfirmasi, Ketua (PPKD) menyampaikan bahwa memang proses penetapan pemenang sempat ditunda dua bulan lebih. Tapi pada Kamis, (4/6/20) kemarin,pihak (PPKD) Balangtaroang mengadakan Rapat Pleno penetapan hasil pemilihan Kades yang bertempat di Aula Desa Balangtaroang, Kecamatan Bulukumpa.

” Kami Sudah rapat Pleno, yang dimana dalam rapat tersebut turut dihadiri oleh saksi calon, BPD, Pak Camat, Kapolsek, Danramil serta sebgian masyarakat turut menyaksikan. Pak Abdul Waris ditetapkan sebagai kepala Desa terpilih berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Bulukumba bernomor: 188.45-294 Tahun 2020, tentang penetapan tindakan diskresi terhadap hasil pemilihan kepala desa tahun 2020 di Desa Balangtaroang”, kata Bahdan kepada Radar Makassar, Minggu (7/6/2020).

Ianjut Bahdan, penetapan tersebut sudah sesuai dengan mekanisme. Abdul Waris dengan nomor urut 5 sebagai pemenang. “Hasil rapat pleno tersebut kami sudah teruskan ke BPD Desa balangtaroang pada jumat kemarin”, terang Bahda

Sementara Camat Bulukumpa, Salman mengingatkan kepada semua warganya dalam kondisi berbahagia Seperti sekarang mari kita tetap berjuang melawan wabah Covid-19. Sesuai Himbauan pemerintah yakni mengikuti protokol Kesehatan, tetap jaga jarak, pakai Masker dan jangan lupa cuci tangan. “Berbagai cobaan kita lalui dengan wabah ini yang kita tidak tahu kapan selesainya. Maka dari itu diperlukan keikhlasan, ketabahan. Dan Alhamdulillah, selama 2 bulan lebih kita menunggu hasil. Akhirnya kepala Desa Balangtaroang dapat ditetapkan,” terang Salman

Kepala Desa Terpilih Abdul Waris diminta Tanggapan dan Harapannya sebagai Kepala Desa Terpilih mengatakan, Alhamdulillah dan terima kasih kepada Masyarakat atas amanah yang telah dipercayakan kepada kami. “Alhamdulillah terimkasih, mari kita ciptakan kampung yang kondusif dan sejahtera serta menjadi Desa Percontohan dari Desa lainnya khususnya kecamatan Bulukumpa.”harapnya.

Sekedar diketahui, Abdul Waris Mantan sekertaris Desa Kambuno, yang mampu mengubah Desa Kambuno dengan kerjasama masyarakat Desa Kambuno dan membawa Desa ini menjadi Desa percontohan di Kecamatan Bulukumpa. Desa Balangtaroang dikenal sebagai salah satu Desa pariwisata yang pernah mewakili Sulawesi Selatan di lomba Desa tingkat Nasional saat kepemimpinan Abdul Kadir Abdullah, dan Desa tersebut dikenal dengan kehidupan Religius dan adat Istiadat sangat terjaga di wilayah tersebut.” Katanya.(fad)

No Responses

Leave a Reply