Terapkan Protokol Kesehatan, Karama Jadi Desa Percontohan

Terapkan Protokol Kesehatan, Karama Jadi Desa Percontohan

BULUKUMBA,RADARMAKASSAR.COM – Hal menarik yang digagas oleh kepala Desa Karama, Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba.

Demi menjaga kesehatan warganya. Kepala Desa Jusman fasilitasi warganya tempat cuci tangan lengkap sabun di setiap rumah wargan yang di huni. Sang “Komandan” sebutan masyarakat kepada kepala Desa yang baru sekitar 2 bulan dilantik menjadi kepala Desa di Karama itu terus memperlihatkan kemampuannya untuk memajukan Desa yang di pimpinnya, terutama menjaga kesehatan warga di masa pandemik ini.

Bahkan dengan inovasi yang di gagas oleh kepala Desa tersebut, membuat tim Gugus Covid Kabupaten Bulukumba untuk rencana menjdikan Desa Karama sebagai project percontohan penerapan protokol kesehatan.
Saat di konfirmasi, Kepala Desa Karama menyatakan bahwa dirinya sudah di temui langsung oleh Bupati Bulukumba selaku ketua Tugas Gugus Tugas Covid-19 di kantornya untuk diberitahukan bahwa Desa Karama menjadi perwakilan Desa terinovasi dan akan di jadikan sebagai contoh penerapan New Normal yang sesui dengn protokol kesehatan.

“Ia Jumat 5/6 kemarin Bapak Bupati Bulukumba kunjungan di kantor Desa Karama, beliau sampaikan bahwa Desa karama menjadi Desa terinovasi dalam hal upaya pencegahan penyebaran covid-19”, kata Jusman yang juga merupakan Pensiunan TNI, kemarin.

Pak Bupati, lanjutnya. Beliau juga sampaikan bahwa Desa Karama akan dijadikan sebagai percontohan dalam penerapan New normal dan akan diikutkan di lomba inovasi yang di gelar oleh Kementerian Dalam Negeri. “Alhamdulillah, ini kesyukuran bagi kami. Masuknya Desa Karama sebagai Desa terinovasi dan Desa percontohan dalam penerapan New Normal yang sesui protokol kesehatan, itu tentu atas dasar kerjasama seluruh elemen Masyarakat Desa Karama”, jelas Jusman.

Diketahui, Kades Karama melakukan inovasi upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan memanfaatkan Dana Desa untuk mengadakan galon dan sabun beserta botolnya sebagai upaya masyarakat bersihdan dan sehat.

Dikonfirmasi terpisah, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bulukumba, H. Daud Kahal menyampaikan bahwa Desa Karama menjadi salah satu contoh inovasi dalam penerapan protokol kesehatan yang diharapkan bisa sebagai pilot project percontohan menuju New Normal Pandemi Covid-19 di Bulukumba.

“Kami dari tim Gugus percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bulukumba sangat mengapresiasi langkah pemerintah Desa Karama”, cetus H. Daud Kahal yang juga Kadis Kominfo Bulukumba.

Saat ini Pemkab dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bulukumba telah menjadikan Desa Karama sebagai bagian dalam lomba Inovasi Nasional yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri.
Untuk diketahui, sebanyak 800 rumah di Desa Karama di berikan fasilitas cuci tangan oleh pemerintah Desa yang masing-masing ditempatkan di depan rumah warga. (fad)

No Responses

Leave a Reply