Mendagri Apresiasi Gerak Cepat Adnan Dalam Launching GSM

Mendagri Apresiasi Gerak Cepat Adnan Dalam Launching GSM

GOWA, RADARMAKASSAR.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian mengaku merasa terharu sekaligus memberi apresiasi tinggi terhadap Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan yang mengambil langkah cepat merealisasikan gerakan sejuta masker yang diakui Tito sebagai gagasannya.

“Luar biasa ini adinda saya Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan. Begitu saya sampaikan gagasan ini beliau langsung menyayatakan siap. Dan saya tidak menyangka hanya dalam waktu lima hari gerakan satu juta masker ini langsung direalisasikan,” kata Mendagri, Tito Karnavian saat melauncing Gerakan Satu Juta Masker (GSM) sekaligus peresmian revitalisasi ruang terbuka hujau Syekh Yusuf Discovery yang bertempat di gedung Haji Bate, Sungguminasa, Sore tadi, Rabu (8/7).

Mendagri mengaku mengapresiasi Gerakan Sejuta Masker ini. Menurutnya, selama ini pemerintah masih hanya fokus dan sudah melakukan pada tahap sosialisasi yang cukup lama.

Bahkan beberapa daerah, kata Tito Karnavian juga sudah mengeluarkan Peraturan Bupati ataupun Peraturan Daerah (Perda) tanpa ada intervensi untuk melakukan gerakan pembagain masker.

“Saat ini yang belum ada itu aksinya karena masyakat kita belum semuanya punya masker. Sehingga harus ada intervensi pemerintah untuk membagikan masker. Jangan hanya buat baliho ajakan pake masker tapi gak ada yang membagikan masker,” jelasnya.

Mantan Kapolri ini menilai bahwa pembagain ini salah satu cara yang efektif untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Dirinya menjelaskan bahwa penularan Covid-19 ini melalui tiga aspek, yaitu droplet, benda atau objek dan melalui aerosol.

“Sehingga salah satu yang bisa mencegah itu adalah penggunaan masker. Karena pengguna masker itu relatif bisa mengatasi yang ketiga itu,” tandasnya.

Ia berharap gerakan sejuta masker ini bisa diikuti oleh kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Dirinya juga yakin jika ini bisa diikuti daerah lainnya maka kurva kasus Covid-19 di Indonesia bisa diturunkan bahkan hingga 50 persen.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan L Purichta Ichsan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih Kepada Mendagri telah menjadikan Kabupaten Gowa sebagai lokasi launching Gerakan Sejuta Masker.

“Gerakan sejuta masker ini merupakan ide beliau dan menjadi tantangan bagi Kabupaten Gowa. Kami berterimakasih menunjuk Kabupaten Gowa. Kami ingin menjadi contoh daerah yang bisa disiplin memakai masker,” ujarnya.

Kegiatan yang turut dihadiri Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malagnni dan jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa serta pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa berlangsung dengan penerapan standar protokol Covid-19 yang sangat ketat. (asn)

No Responses

Leave a Reply