Rangga Bahas Nilai-nilai Kebangsaan di Takalar

Rangga Bahas Nilai-nilai Kebangsaan di Takalar

RADAR, MAKASSAR – Salah satu anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, dari Fraksi Golkar Fahruddin Rangga melaksanakan kegiatan Dialog dan tatap muka Sosialisasi Nilai-nilai Kebangsaan ke konstituenya.

Pada titik pertama, politisi asal Takalar itu mengambil tempat di Kelurahan Sombala Bella, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Takalar, Sabtu (13/3/2021) yang berada di wilayah perkotaan dan titik kedua akan dilaksanakan di Desa Bontoloe pada hari yang sama dengan waktu yang berbeda.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Fahruddin Rangga di dampingi mantan Bupati Takalar yang juga merupakan alumni Lemhanas (Dr. H. Burhanuddin B) selaku nara sumber utama, dan dihadiri ketua MUI Kabupaten Takalar Drs. H. Manggaukang Rowa serta Lurah Sombala Bella.

Dan hadir ratusan masyarakat dari keterwakilan organisasi politik, tokoh masyarakat, tokoh Agama, ormas, dan tokoh Perempuan dari beberapa kelurahan yang ada di wilayah perkotaan begitu antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Fahruddin Rangga menjelaskaan, prinsip yang sangat mendasari perlunya kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan sangat penting untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap kecintaan warga negara terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) demikian ungkap Rangga Sapaan Akrabnya.

“Menumbuhkan rasa patriotisme tidak hanya sekedar slogan tetapi perlu secara mendalam memahami makna nya,” kata Rangga.

Pimpinan Banggar DPRD Sulsel itu, menyampaikan bahwa apa yang di lakukan hari ini adalah bagian dari rasa cinta terhadap bangsa dan negara.

“Karena kit sadar atau tidak, bahwa kita sudah mengambil peran dalam menumbuhkan dan menanamkan nilai nilai kebangsaan kita,” demikian kuncinya.

Sebagai narasumber utama Dr. H. Burhanuddin B mengatakan bahwa, langkah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui anggota DPRD Sulsel melakukan kegiatan sosialisasi nilai nilai kebangsaan perlu direspon secara baik dan positif.

Karena ini sebuah langkah maju untuk memberikan pemahaman yang mendalam terhadap nilai nilai terkandung dalam 4 pilar yakni UUD 45, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Oleh karena itu, masyarakat harus menyikapi secara bijak langkah ini, bahwa sesungguhnya bangsa ini besar dan disegani karena kecintaan rakyatnya terhadap negaranya yakni NKRI,” tuturnya.

Sedangkan, H. Muh. Aswad, SE, MM sebagai narasumber kedua mengantarkan, materi Solidaritas Sosial yang mengurai pentingnya menumbuhkan rasa solidaritas terhadap sesama.

Dengan demikian semua akan menjadi ringan dan lancar bila dilakukan kerja secara bersama dan itu sebuah penanda bahwa kita masih memiliki rasa solidaritas sosial yang tinggi.

“Guna untuk kemajuan dan kepentingan bangsa dan negara, karena solidaritas sosial adalah bagian dari menumbuhkembangkan nilai nilai kebangsaan kita,” ucapnya.

Pada titik kedua, Rangga juga menggelar sosialisasi yang sama di Desa Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Dalam pertemuan itu mengatakan bahwa, berbagai langkah dalam mensosialisasikan nilai nilai kebangsaan sebagai bentuk dorongan dan perhatian kita kepada masyarakat untuk lebih memahami rasa kepedulian terhadap kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tanpa mengenal waktu dan tempat seperti yang kami lakukan sore ini, lebih jauh pimpinan banggar DPRD Sulsel yang juga pernah menjabat sebagai ketua KNPI Kota Makssar ini menjelaskan secara umum maksud dan tujuan sosialisasi ini dilaksanakan oleh DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, oleh karena nya respon positif masyarakat sangat diharapkan, demikian,” kuncinya.(kas)

No Responses

Leave a Reply