Andi Akmal Dorong SDM Pertanian Terus Berkembang Untuk Mempersiapkan Sektor Pertanian Pangan di Masa Depan

Andi Akmal Dorong SDM Pertanian Terus Berkembang Untuk Mempersiapkan Sektor Pertanian Pangan di Masa Depan

BONE, RADARMAKASSAR.com – Anggota DPR RI asal Sulawesi Selatan II, Andi Akmal Pasluddin (AAP) “membakar” semangat stakeholder pertanian, terutama para penyuluh dan pendamping pertanian di kabupaten Bone, Senin (15/3/2021).

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS ini bersama badan penyuluh dan pengembangan SDM Pertanian kementan memberikan motivasi sekitar 130 tenaga penyuluh pertanian dalam gelaran Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian dan Petani. Kegiatan ini dipusatkan di Hotel Helios Bone.

“Negara Kita memang memiliki aset yang luar biasa. Suburnya tanah, hanya 2 musim tidak ada cuaca ekstrim, letak geografis pada bentangan katulistiwa dan berbagai jenis flora fauna yang begitu besar jumlahnya merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa. Namun bila tidak didukung oleh pengelola atau SDM yang handal, maka hanya sia-sia belaka harta melimpah negara kita tidak termanfaatkan dengan cara yang baik”, tutur Akmal.

Politisi PKS ini menjelaskan, bahwa kekayaan Alam Indonesia yang membuat kagum bangsa-bangsa luar ternyata belum saatnya hingga kini memberikan kekuatan ekonomi bagi bangsa kita. Padahal Jumlah penduduk bangsa kita luar biasa besar mendekati 300 Juta penduduk. Kondisi ini seharusnya menjadikan bangsa kita berwibawa di mata dunia, namun pada kenyataanya, negara kita hanya di jadikan obyek Pasar belaka.

Akmal mengatakan, Bangsa Luar sana, menyukai Indonesia bukan sekedar kekuatan alam atau kekuatan ekonominya. Namun sekedar budaya dan pola konsumsi negaranya yang menjadi pembeli, bukan sebagai penjual. Kita banyak potensi komoditas pertanian yang mestinya ekspor atau minimal mencukupi kebutuhan dalam negeri, tapi malah seringnya impor terutama beras.

“Kita harus memperkuat SDM pertanian kita, untuk menyongsong persaingan global. Produk kita harus berkualitas, dan ini di awali dengan SDM yang handal”, kata Akmal.

Legislator asal Sulawesi Selatan II ini menyampaikan, sebagai Wakil Rakyat di DPR RI, Dia merupakan pelayan bagi seluruh masyarakat. Terpilihnya AAP tidak lepas dari amanah yang diberikan masyarakat kepadanya.

Akmal melanjutkan, masih saja banyak keluhan masyarakat akan kesulitan dalam produksi pertaniannya. Para SDM pertanian mesti dapat menjembatani untuk mempermudah proses pemenuhan kebutuhan produksi pertanian terutama bibit dan pupuk.

“Ini tugas kita bersama. Intinya saya tidak mau ada petani kecil yang kesulitan dalam berproduksi komoditas pertanian. Harusnya petani ini tidak perlu pusing dengan pupuk. Kita harus melayani masyarakat dengan baik itulah tugas negara. Karena kami adalah pelayan rakyat”, ucap Akmal.

Selain bersama para tenaga penyuluh pertanian, Akmal juga mengadakan gelaran acara pada sesi dua pada hari ini 16 Maret 2021 dengan pergantian peserta yakni para petani di sekitar Kabupaten Bone.

“Dengan segala tupoksi sebagai Anggota DPR RI, AAP terus memperjuangkan hak-hak masyarakat di tingkat pusat”, tutup Andi Akmal Pasluddin. (**)

No Responses

Leave a Reply