BMM Bersama Bank Syariah Bukopin Bangun Fasilitas MCK dan Sarana Air Bersih Bagi Pengungsi Gempa Bumi Mamuju

BMM Bersama Bank Syariah Bukopin Bangun Fasilitas MCK dan Sarana Air Bersih Bagi Pengungsi Gempa Bumi Mamuju

MAMUJU, RADARMAKASSAR.com – Musibah gempa bumi yang terjadi di Mamuju dan sekitarnya pada bulan Januari 2021 lalu mengakibatkan berbagai kerusakan fasilitas yang dimiliki masyarakat. Tak hanya rumah tinggal, tempat ibadah, bangunan kantor dan fasilitas umum lainnya, namun juga terputusnya saluran air bersih. Padahal, air merupakan salah satu kebutuhan utama yang digunakan untuk aktivitas masyarakat sehari-hari seperti memasak hingga mandi, cuci, dan kakus (MCK) dan berdampak besar pada kesehatan masyarakat, khususnya yang tinggal di pengungsian.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas), Baitulmaal Muamalat (BMM) bersinergi dengan Bank Syariah Bukopin (BSB) memberikan manfaat seluas-luasnya dengan membangun fasilitas MCK dan sarana air bersih kepada warga terdampak gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, tepatnya di pengungsian yang berada di Desa Botteng Utara, Kec. Simboro, Mamuju.

Untuk itu, pada hari pada Selasa, 16 Maret 2021, BMM dan BSB mengadakan acara seremoni peresmian fasilitas MCK dan air bersih secara daring. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Mamuju, yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Utama Bank Syariah Bukopin, Dery Januar, Direktur Eksekutif BMM, Novi Wardi, Kepala Desa Botteng Utara, Sahril, dan tamu undangan.

Dalam video sambutan, Bupati Mamuju, Hj. Siti Sutinah Suhardi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang BMM dan Bank Syariah Bukopin berikan, “Atas Nama Pemerintahan Kabupaten Mamuju, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Laznas BMM dan Bank Syariah Bukopin atas bantuannya berupa MCK dan fasilitas air bersih di Desa Botteng Utara. Semoga bantuan untuk para korban gempa bisa bermanfaat dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.”

Fasilitas MCK dan pipanisasi air bersih sepanjang 500 meter telah dibangun dan dipergunakan oleh masyarakat yang tinggal di pengungsian. Pembangunan fasilitas MCK dan air bersih juga dilakukan secara gotong royong antara relawan BMM Rescue dan warga di pengungsian. Penggunaan fasilitas MCK dan air bersih juga tak terbatas selama masa tanggap darurat saja, namun dapat dipergunakan dalam jangka panjang oleh masyarakat sekitar.

Dery Januar, Direktur Utama Bank Syariah Bukopin mengungkapkan, “Al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin, pada kesempatan kali ini, BSB dapat bersinergi dengan BMM untuk menyalurkan bantuan social kepada warga terdampak gempa bumi yang terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat 15 Januari 2021 silam. Dengan dibangunnya fasilitas MCK dan sarana air bersih untuk warga terdampak diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa bumi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai wujud kepedulian kami.”
“Semoga BSB kedepannya dapat terus bersinergi dengan BMM untuk memberikan/ menyalurkan bantuan social lainnya dan bisa membuat program social bersama sebagai bentuk tanggung jawab social BSB kepada masyarakat sekitar,” tambah Dery.

Novi Wardi menambahkan, “Semoga dengan adanya sinergi yang BMM dan BSB lakukan ini dapat menjadi contoh dan menginspirasi berbagai pihak untuk saling bergandengan tangan membantu masyarakat. Dan tentunya bantuan fasilitas MCK dan sarana air bersih dapat meringankan beban para korban gempa bumi dan memotivasi mereka agar dapat bangkit seperti sediakala.” tambahnya.

Sebelumnya, BMM telah merespon tanggap darurat bencana gempa bumi yang terjadi di Majene – Mamuju dengan menurunkan langsung tim relawan BMM Rescue dan menyalurkan bantuan kemanusiaan diantaranya berupa bantuan medis, tenda darurat, pengadaan bahan makanan untuk dapur umum dan juga pendampingan oleh Daí yang telah disalurkan kepada kurang lebih 1.300 warga terdampak gempa bumi.(**)

No Responses

Leave a Reply