Prihatin Kondisi Masyarakat, BAPERA Bagikan Sembako dan Santuni Anak Yatim

Prihatin Kondisi Masyarakat, BAPERA Bagikan Sembako dan Santuni Anak Yatim

RADAR, MAKASSAR – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Sulawesi Selatan terus menunjukkan eksistensinya dalam gerakan sosial kemasyarakatan.

Organisasi yang baru dibentuk belum cukup sebulan itu, tercatat sudah beberapa kali menghelat kegiatan sosial yang besentuhan dengan masyarakat.

Mulai dari membantu warga korban kebakaran di berbagai lokasi di Kota Makassar, pembagian takjil buka puasa di jalanan, pembagian sembako, menyantuni anak panti asuhan, hingga terbaru nantinya adalah aksi donor darah yang rencana digelar, Rabu (28/4/2021) besok.

Aksi donor darah dengan melibatkan 50 pengurus Bapera Sulsel dilakukan demi membantu pemerintah termasuk organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menambah stock darah yang mulai berkurang dengan kebutuhan yang tinggi.

“Setetes darah sangatlah bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Aksi-aksi sosial seperti ini akan terus digalakkan Bapera Sulsel, apalagi kita masih dalam suasana pandemi covid 19. Kebutuhan darah tentu meningkat,” kata Ketua DPD BAPERA Sulsel Jhon Rende Mangontan saat dikonfirmasi, Selasa (27/4/2021).

Kegiatan donor darah kata JRM, akan dipusatkan di Sekretariat BAPERA Sulsel Jalan AP Pettarani, Ruko New Zamrud dengan bekerjasama pihak UTD Pemprov Sulsel.

Tak hanya aksi donor darah di penanggalan itu, JRM bersama pengurus Bapera Sulsel melaksanakan empat kegiatan sosial lainnya.

Dimulai tausiah ramadhan, pemberian santunan untuk anak panti asuhan, pembagian sembako kepada masyarakat, dan buka puasa bersama hingga ditutup pelaksanaan aksi donor darah.

“Semoga aksi-aksi sosial yang digalakkan Bapera Sulsel sebelumnya dan hati ini bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya di bulan ramadan tapi insya allah akan terus aktif di berbagai kegiatan sosial,” tutup JRM yang juga legislator DPRD Sulsel asal Kabupaten Tana Toraja.

Terpisah, Sekretaris Bapera Sulsel Nasruddin Upel menjelaskan bahwa organisasi yang dinaunginya saat ini memang terlahir dengan misi mensejahterakan masyarakat melalui program-program kemanusiaan.

Paling tidak di masa-masa sulit dengan situasi pandemi covid 19 saat ini diharapkan keberadaan serta kehadiran Bapera mampu menjadi wadah bagi pemuda untuk berinovasi dan berakselerasi dalam memajukan daerah khususnya mensupport program-program pemerintah yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Adapun terkait dengan pelaksanaan kegiatan Bapera Sulsel lewat aksi donor darah, menyantuni anak panti asuhan, pembagian sembako dan lainnya saat ini sudah rampung hampir 99 persen.

“Semua persiapannya sudah rampung, termasuk tetap mematuhi protokol kesehatan . Mulai jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan dalam pelaksanaannya nanti,” urai Upel. (kas)

No Responses

Leave a Reply