Program Desa Binaannya Berhasil, UIM Ditantang Kapling Kecamatan Binaan di Gowa

Program Desa Binaannya Berhasil, UIM Ditantang Kapling Kecamatan Binaan di Gowa
Rombongan pimpinan Universitas Islam Makassar (UIM), saat berdiskusi dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (IST)

RadarMakassar.com – Universitas Islam Makassar (UIM) M berhasil menjalankan program pembinaan petani jagung dalam mengembangkan sendiri benih jagung yang dilakukan di Desa Bontonompo, Kabupaten Gowa.

“Jika selama ini petani hanya bisa membeli bibit Rp100 ribu per kg, sekarang sudah bisa mengembangkan sendiri dengan nilai Rp15-20 ribu per kg,” kata Ketua Pusat Penelitian Jagung dan Serealia UIM yang juga telah menciptakan 12 varietas jagung, M Yasin HG, dalam pertemuan rombongan pimpinan UIM dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Jumat (6/8/2021).

Mendengar hal tersebut, Adnan pun menantang UIM untuk menerapkan apa yang telah dijalankan di Desa Bontonompo tersebut dalam skala yang lebih besar melalui program Kecamatan Binaan di Kabupaten Gowa.

“Perguruan tinggi rasanya terlalu kecil jika skala kegiatan pengabdian masyarakat hanya desa binaan. UIM yang harus mulai dengan kecamatan binaan,” kata Adnan.

Selain itu, Adnan berharap UIM tak hanya melakukan pengembangan jagung saja, tetapi juga bisa melakukan pengembangan komoditi lainnya, seperti peternakan sapi.

Sementara, Wakil Rektor I Prof Arfin Hamid memastikan, gagasan Adnan tersebut akan segera direalisasikan melalui MoU kerjasama antara UIM dan Pemkab Gowa .

“Insya Allah kerjasama yang akan kita jalin terkait implementasi kebijakan Kampus Merdeka Belajar mulai dari KKN, KKN Profesi, Magang Bersertifikat, Kampus Mengajar, beasiswa hingga kuliah umum,” rincinya.

Kabag Humas dan Kerjasama UIM Dr Wachyudi Muchsin menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi bupati Gowa yang sangat visioner dengan program-program prorakyatnya.

“Semoga dalam waktu dekat penandatanganan MoU tersebut akan dirangkaikan dengan Kuliah Umum Bupati Gowa di kampus UIM. Kami berharap ini akan segera terealisasi,”  tuturnya. (*)

No Responses

Leave a Reply