Dorong Edukasi Pajak untuk UMKM

Dorong Edukasi Pajak untuk UMKM

Radarmakassar.com – Pemahaman pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) akan perpajakan dinilai masih sangat minim. Perlu adanya edukasi guna mendorong pelaku UMKM untuk membayar pajak.

Ketua Asosiasi IUMKM AKUMANDIRI DPD Bone, Iskandar mengatakan, UMKM saat ini masih sangat sedikit yang memahami pentingnya perpajakan. Oleh karena itu pihaknya menghadirkan webinar edukasi perpajakan untuk UMKM yang ada di Bone.

“Kegiatan ini diharapkan bisa membuat UMKM lebih paham mengenai pajak. Kami di DPD juga akan terus mensosialisasikan tentang pajak kepada UMKM kita,” ujar Iskandar dalam webinar edukasi perpajakan, Kamis (16/9/2021).

“Semoga pelaku usaha yang hadir bisa membantu mensosialisasikan kepada UMKM yang tidak sempat hadir,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi IUMKM AKUMANDIRI DPW Sulsel, Bachtiar Baso menuturkan, pajak merupakan hal yang penting dipahami oleh semua pihak termasuk UMKM. Dari hasil pajak ini juga nantinya akan dikembalikan kepada para pelaku UMKM dalam bentuk bantuan maupun insentif.

“Maka dari itu, pusat dan wilayah terus mendorong agar UMKM kita bisa lebih paham tentang perpajakan. salah satunya melalui webinar edukasi perpajakan hasil kerjasama AKUMANDIRI dan Direktorat Jenderal Pajak,” kata Tiar sapaan akrabnya yang juga hadir dalam webinar tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bone, Wahida mengatakan pemahaman masyarakat khususnya UMKM akan pajak masih sangat minim.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan ada edukasi yang diberikan agar UMKM kita paham akan pentingnya pajak,” ucapnya.

Webinar edukasi perpajakan ini diikuti oleh sekitar 30an pelaku UMKM. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Asosiasi IUMKM AKUMANDIRI Hermawati Setyorinny dan Penyuluh Pajak Ahli Madya Direktorat P2 Humas Eko Ariyanto.(*)

No Responses

Leave a Reply