Astra Salurkan Bantuan Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Astra Salurkan Bantuan Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Radarmakassar.com – Peringatan hari ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia,  Astra  pada  tanggal 3 Agustus 2021 lalu, telah meluncurkan gerakan #SemangatSalingBantu dengan mengajak masyarakat di seluruh Indonesia saling membantu terhadap sesama yang membutuhkan di masa pandemi Covid-19 ini.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro menuturkan, melalui #SemangatSalingBantu, bersama-sama dapat turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang tangguh agar dapat terus tumbuh, selaras dengan tema HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, yakni “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Sebagai  bagian  dari masyarakat,  Astra  berkomitmen  untuk bergandengan  tangan erat untuk membantu masyarakat,  tenaga  kesehatan dan  pemerintah agar bersama-sama  dapat melewati pandemi Covid-19.

“Astra mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama-sama dengan Gerakan #SemangatSalingBantu. Kami berharap aksi ini dapat semakin menyebarluaskan semangat masyarakat untuk saling membantu dan kepedulian terhadap sesama  yang  membutuhkan, khususnya pada masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Astra melalui gerakan #SemangatSalingBantu mengajak seluruh masyarakat untuk mengunggah konten yang berisi pesan untuk tetap semangat pada masa pandemi ini atau  informasi bantuan yang dapat diberikan kepada mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan disertai tagar #SemangatSalingBantu dan mention salah satu akun@satu_indonesia di Instagram atau TikTok atau @SATU_Indonesia di Twitter, atau Semangat Astra Terpadu di Facebook.

Setiap satu konten yang berupa teks atau foto atau video yang diunggah di media sosial tersebut akan  dikonversi  oleh  Astra  menjadi satu  paket  bantuan berupa makanan  atau  bahan  makanan pokok bagi kebutuhan pasien Covid-19 dan masyarakat yang terdampak pandemi.

Sesuai dengan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra melalui Nurani Astra akan menyalurkan paket bantuan bagi masyarakat di 34 provinsi di seluruh Indonesia sebagai hasil konversi seluruh unggahan konten di media sosial.

Penyaluran paket bantuan tersebut akan dibantu oleh Grup Astra yang ada di berbagai wilayah di Indonesia melalui 31 Koordinator Wilayah Grup Astra dan berbagai Komunitas Astra yang terdiri dari penggerak Kampung Berseri Astra dan Desa  Sejahtera Astra, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards serta Yayasan Amaliah Astra.

Semangat Astra dalam turut mendukung  mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh melalui gerakan #SemangatSalingBantu adalah sejalan dengan Sustainable Development Goals dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

500 Paket Sembako Disebar di Makassar

Khusus di Makassar, kegiatan ini dilakukan bertahap di beberapa Kecamatan/Kelurahan di Makassar.

Koordinator Grup Astra Makassar, Suhardi mengatakan kegiatan ini sesuai arahan Manajemen Astra untuk mendorong semangat saling bantu bagi warga yang terkena dampak Covid, baik yang sedang isolasi mandiri (isoman) maupun warga pra sejahtera yang sangat membutuhkan bantuan akibat pandemi ini.

Sejalan cita – cita luhur pendiri Astra, Sejahtera Bersama Bangsa, paket bantuan di Makassar senilai kurang lebih Rp250.000,- per paket berisi kebutuhan pokok seperti Beras, Gula, Minyak Goreng, Susu, Mie Instan, Sarden dan lain lain. Total paket yang diserahkan adalah 500 paket, baik dari Nurani Astra maupun donasi Karyawan Grup Astra Makassar.

“Pendistribusian bantuan ini dimulai sejak 17 Agustus lalu dan akan terus berlangsung,” katanya.

Bantuan paket sembako kita salurkan ke Kampung Berseri Astra (KBA). Selain itu, kita salurkan juga ke daerah-daerah lain di Kota Makassar.

“Kita sudah mendata, kita utamakan yang dekat-dekat instalasi Astra. Kita juga minta bantuan pemerintah, teman-teman media untuk mendata masyarakat yang benar-benar terdampak Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Rappocini, Andi Unru menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Grup Astra atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak di wilayahnya.

“Astra sejak tahun 2015 sudah membuat KBA di RW 1 dan 4 Kelurahan Rappocini. Mereka selalu hadir memberikan bantuan juga pengembangan kepada masyarakat melalui empat pilarnya, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan,” tuturnya.

Ia berharap, Astra bisa terus hadir dalam pengentasan kemiskinan di wilayahnya melalui pengembangan sumber daya masyarakat agar bisa lebih mandiri dan memberikan perubahan. (wah)

No Responses

Leave a Reply