Sejumlah Rumah Terendam Banjir, Warga Desak Pihak Pengembang Perbaiki Saluran Pembuangan

Sejumlah Rumah Terendam Banjir, Warga Desak Pihak Pengembang Perbaiki Saluran Pembuangan

Radarmakassar.comSejumlah rumah warga di Perumahan Dreamland Cendana Pattallasang, Gowa terendam air. Penyebabnya, saluran pembuangan di perumahan tersebut melebihi karena ditutup oleh salah satu pemilik lahan yang tidak menerima tempat pembuangan.

Kejadian tersebut sudah terjadi berulang kali. Setiap kali hujan deras turun, saluran kembali meluap dan menyebabkan rumah tergenang. Warga yang terkena dampak pun geram. Pasalnya, pihak Pengembang (pengembang) hingga saat ini tidak menyelesaikan masalah yang terjadi. Dari pantauan Radar Makassar Selasa (12/10) sore hari, terdapat 6 rumah yang tergenang.

Warga Perumahan Dreamland Cendana Pattalasang, Ansar Makkasau meminta agar pihak pengembang segera turun menyelesaikan masalah antara pemilik lahan untuk membuka pelepasan yang tertutup. Ansar juga berharap, akses pembuangan yang bersoal bisa segera ditindak lanjuti dan menambah akses pembuangan yang selama ini belum menemui titik terang.

“Ini rumah tergenang banjir gara-gara saluran (got) air ditutup. Jangan-jangan pihak pengembang tidak menyediakan irigasi yang ada di perumahan sehingga mengakibatkan terkena dampak,” keluhnya.

Ansar mengungkapkan akan mempertanyakan hal ini ke dinas terkait dalam hal ini Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Gowa.

“Ini perlu dipertanyakan ke dinas perumahan, apakah perencanaannya bermasalah atau bagaimana. Ini sudah berapa kali terjadi dan tidak ada solusi dari pihak pengembang,” tukas Ansar.

Hadjar, salah satu warga yang juga rumahnya tergenang mengeluhkan sikap pihak pengembang yang tidak kunjung memberikan solusi.

“Katanya mau diselesaikan tapi belum ada perbaikan. Hujan cuma turun 10-15 menit saja, rumah sudah tergenang karena udara meluap. Saya berharap itu saluran segera dibuka. Kasihan kita yang rumahnya tergenang, apalagi beberapa hari sebelumnya ada juga korban yang laptopnya terendam,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun, Perumahan Dreamland Cendana dibangun oleh PT. Cendana Samudra Mas. Kurang lebih 80-an rumah di kompleks tersebut. Namun, setelah pembangunan, belakangan diketahui irigasi irigasi tersebut bersoal dengan salah satu pemilik lahan. Pemilik lahan tersebut tidak menerima jika lahannya menjadi pembuangan akhir.

Ia pun menuntut agar pihak pengembang segera melakukan lahan dan menyambungkan irigasi yang ada. Hanya saja, pihak pengembang sampai saat ini belum melakukan perbaikan hingga saluran akhirnya ditutup oleh pemilik lahan. (Jar)

No Responses

Leave a Reply