Friday 28th January 2022

Sekolah di Makassar Mulai Gelar PTM

Radarmakassar.com – Pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah sekolah di Makassar telah di mulai sejak 10 Oktober 2021 lalu.

Dinas Pendidikan Kota Makassar sejauh ini telah mematangkan konsep pelaksanaan. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat karena masih di masa pandemi Covid-19.

Hal ini merujuk pada instruksi Presiden RI, Joko Widodo. Misalnya, kapasitas kelas hingga durasi jam belajar bagi siswa.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan, pihak sekolah juga harus terlebih dahulu memastikan jadwal mata pelajaran yang akan diberikan kepada siswa.

“Kalau kapasitas tentu 50 persen. Mereka nanti per shift masuk. Misalnya kalau SD rombongan belajarnya itu ada 28, nanti yang masuk 14 dulu,” kata Nielma saat dikonfirmasi.

“Bulan Oktober kan masuk ajaran baru, SD dan SMP mulai simulasi dulu. Jam belajar SD itu hanya dua jam, SMP itu tiga jam,” lanjutnya.

Ia juga menyampaikan, siswa harus menjalani tes Covid-19 melalui rapid antigen. Hal itu untuk memastikan dirinya aman dari penularan virus sebelum menginjakkan kaki kembali di sekolah.

“Semua siswa harus testing antigen sebelum masuk sekolah. Ini kan masuk program Makassar Recover,” ujarnya.

Sejauh ini, Disdik Makassar masih melakukan verifikasi dan validasi di setiap SD dan SMP. Tahapan ini bertujuan untuk memastikan sekolah layak menggelar PTM.

“Ada sekitar 200 tim verifikator dari Disdik Makassar yang diturunkan ke tiap SD dan SMP di 14 kecamatan. Mereka bertugas untuk menilai kesiapan sekolah menghadapi PTM di tengah pandemi,” imbuhnya.(*)

(*)citizen reporter: M. Aditya A (Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar)

No Responses

Leave a Reply