Friday 28th January 2022

Peringati Hari Listrik Nasional, PLN Perkenalkan Kendaraan Zero Emisi

Radarmakassar.com – Dalam rangka memperingati hari Listrik Nasional ke 76, PLN UIW Sulselrabar memperkenalkan kendaraan zero emisi di Kota Parepare.

Hal ini ditandai dengan konvoi kendaraan listrik dari electric vehicle community yang diawali dari gapura selamat datang Taman Mattirotasi ke Monumen Habibi Ainun dan berakhir di Monumen 40.000 jiwa.

Konvoi terdiri dari tiga mobil dan 19 motor yang semuanya bertenaga listrik. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari festival Elekctrifying Lifestyle Festival 2021 Parepare-Sidrap.

Festival ini juga berlangsung mulai tanggal 25 Oktober 2021 dengan puncak kegiatan di tanggal 31 Oktober 2021.

Konvoi dimulai dari Kota Parepare menuju Kabupaten Sidrap. Di sana PLN akan melaunching komunitas motor listrik. Hal ini merupakan langkah dukungan PLN terhadap komunitas masyarakat yang mensupport kendaraan listrik.

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW Sulselrabar, Achmad Satria Prakarsa mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung lingkungan bersih (green energy) dari mulai pembangkit listrik energi terbarukan kemudian kesiapan PLN dalam mendukung kendaraan berbasis baterai yang ramah lingkungan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan Elekctrifying Lifestyle Festival 2021 ini, masyarakat bisa langsung test drive dan terkait kendaraan listrik,” ungkapnya.

Achmad mengungkapkan, PLN disupport pemerintah daerah untuk membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor Gubernur. Hal ini menunjukkan bahwa PLN UIW Sulselbar aktif mendukung KBLBB yang dicanangkan Pemerintah.

Pada kesempatan yang sama Manager PLN UP3 Parepare, Rizky Ardiana Bayuwerti menyinggung terkait festival yang dilaksanakan di Tribun Lapangan Andi Makkasau.

“Nah besok itu, kami akan ijinkan masyarakat untuk tes drive dan tanya langsung seperti apa penggunaan motor listrik dan mobil listrik,” tambahnya.

Dalam beberapa kali kunjungan yang telah dilakukan, ternyata masih ada warga yang kurang paham dengan peralatan listrik. Padahal dengan peralatan listrik dinilai bisa lebih sehat dan juga lebih hemat biaya operasional, apalagi untuk para pelaku UMKM.

Dalam kegiatan festival itu bukan hanya test drive kendaraan listrik saja, tapi ada juga demo masak menggunakan kompor induksi dan air fryer.(ilo)

No Responses

Leave a Reply