Kerap Jadi Tempat Pesta Miras, Satpol PP Makassar Bongkar Lapak PKL

Kerap Jadi Tempat Pesta Miras, Satpol PP Makassar Bongkar Lapak PKL

Radarmakassar.com – Satpol PP Kota Makassar membongkar 12 bekas lapak pedagang kaki lima atau PKL di Jalan Karantina, Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakkukang.

Pasalnya, lapak tersebut kerap dijadikan tempat untuk menggelar pesta minuman keras. Penertiban menggunakan alat berat tersebut berlangsung tanpa perlawanan dari pemilik lapak.

“Secara konsisten kita akan melakukan penertiban PKL di Kecamatan Panakkukang yang melanggar atau berjualan di lokasi yang dilarang,” kata Plt Satpol PP Kota Makassar, Iqbal Asnan, Kamis (11 November 2021).

Terlihat mobil eskavator diturunkan oleh petugas untuk memudahkan pembongkaran lapak PKL yang dibangun di atas saluran air.

Tak hanya itu, pada malam hari lapak-lapak ini juga kerap dijadikan pesta miras dan meresahkan masyarakat di sekitar lokasi lapak ini berdiri. “Ini berdasarkan temuan, laporan, dan hasil investigasi kami di lapangan,” ucapnya.

Iqbal pun meminta pihak kecamatan turun melakukan pendataan untuk mengetahui lokasi mana saja yang dijadikan lapak PKL.

Pembongkaran lapak ini merupakan langkah awal dari program Zero PKL yang di gagas oleh Satpol PP Kota Makassar.

“Keberadaan lapak ini juga menganggu pengguna jalan karena kendaraan pelanggan yang kerap di parkir di depan lapak membuat pejalan kaki sulit mengakses pedestarian,” ungkapnya.

Operasi tersebut sejalan dengan Visi Misi Danny-Fatma yang tertuang dalam 24 program strategis, yakni penanganan kemacetan dan menjadikan Makassar kota dunia

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan banyaknya juga lapak yang saat ini menguasai lahan milik pemerintah

Apalagi, lanjut Danny aset pemerintah dibangun lapak dan digunakan sebagai tempat-tempat yang tidak berguna.

“Terutama diatas got, diatas pedestrian, itukan milik pemerintah diperuntukkan bagi masyarakat, jadi kita support langkah Satpol PP,” tutupnya.(nra)

No Responses

Leave a Reply