Friday 28th January 2022

Rayakan HUT, Runtoraja Bersihkan Sampa di Gunung Sesean

RADAR, TORAJA – Komunitas Runtoraja melakukan bakti sosial (baksos) pembersihan sampah plastik di Gunung Sesean, Lembang Suloara’, Kecamatan Suloara’ Toraja, Minggu (14/11/2021).

Baksos yang bertajuk ‘More High More Clean’ tersebut dilakukan sekaligus memperingati hari ulang tahun (HUT) Komunitas Runtoraja yang ke-2 Tahun.

Captain Runtoraja, Roni TP mengatakan, peringatan ulang tahun ke-2 ini dilaksanakan dengan gerakan peduli lingkungan membersihkan gunung sesean dari sampah plastik atau biasa disebut dengan Plogging yaitu lari sambil membersihkan sampah atau memungut sampah.

“Ulang tahun sebagai wujud cinta lingkungan ini kolaborasi 45 orang gabungan dari komunitas lari runtoraja, Camat Sesean Suloara, Kepala Lembang Sesean Suloara dan aparatnya,” katanya.

Gerakan peduli lingkungan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika serta Kecamatan Suloara’ dan Lembang Suloara’ sebagai bentuk kepedulian atas kelestarian, keindahaan lingkungan serta panorama alam Gunung Sesean.

“Komunitas lari yang juga beridentitas Indorunners Toraja ini mulai mengumpulkan sampah mulai dari titik awal jalur pendakian sampai dengan pos 6 yang menghasilkan 45 kantong sampah plastik besar/karung,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya pada saat ramah tamah di Mentirotiku Guest House, Camat Sesean Suloara Jotar Popang mengapresiasi dan berterimakasih atas kegiatan plogging ini dan berharap kegiatan (plogging) ini dapat menular ke setiap komunitas pencinta alam yang mengunjungungi Gunung Sesean.

Ketua Panitia, Musafir Bulo’ berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penuh acara ini, mulai dari Pemkab Toraja Utara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Torut, Diskominfo Torut, PT. Nagata Dinamika Hidro Madong, Pegadaian CP Rantepao, Toraja Misiliana Hotel, BRI Rantepao, Kalbe Farma Entrasol, Kalbe Farma Slim Fit, Kaana Toraya Coffee, Weekend Donuts, Mentirotiku Batutumonga Guest House & Restaurant, PLN Rantepao, Logika Café, Pia’s Poppies Toraya, Endolita, Toraja Amelia Art, Toko Kembar Gorden, Toko Kota Wali, Dapur Mama Gerald, XL Axiata, dan Warung Pong Buri’. Setelah kegiatan Plogging dilanjutkan dengan acara Ramah Tamah di Mentirotiku Guest House and Restaurant.

Anugrah Yaya Rundupadang sebagai pengarah giat ini mengajak komunitas lari ini untuk terus berkolaborasi dengan Pemerintah Toraja Utara dan komunitas pencinta alam di Toraja menggairahkan Sport Tourism seperti lari, rafting, hiking, motor trail, trekking , biking dll untuk mengadakan berbagai event yang bisa mendatangkan wisatawan ke Toraja menikmati keindahan alamnya sangat spektakuler dan kekayaan budayanya yang super unik.(rls)

No Responses

Leave a Reply