Friday 28th January 2022

Desember 2021, Torut Gelar Festival Paduan Suara Natal

RADARMAKASSAR.COM – TORUT – Dalam rangka pelaksanaan Festival Paduan Suara Natal Kabupaten Toraja Utara tahun 2021, panitia pelaksana mulai melakukan persiapan dengan menggelar Technical Meeting di lantai dua kantor Bupati Toraja Utara, Senin (15/11/2021).

Seperti diketahui Festival Paduan Suara Natal akan diselenggarakan pada bulan Desember, maka dari itu pelaksanaan technical meeting yang di fasilitasi Dinas Kominfo-SP secara hybrid dan melalui zoom meeting bagi peserta yang berada di luar Toraja Utara.

Sekretaris daerah Toraja Utara Drs.Rede Roni Barre,M.Pd dalam arahannya mengapresiasi panitia festival paduan suara natal yang sudah mulai dilakukan persiapan.

“Mari kita percayakan kepada panitia agar mengatur berjalannya festival yang akan dilaksanakan pada bulan desember nanti, tentu saya harap semua berjalan dengan baik serta mengikuti ketentuan-ketentuan terutama yang berkaitan dengan protokol kesehatan,” katanya.

Adapun pembagian Kelompok dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok A terdiri dari pihak kecamatan, OPD dan organisasi lainnya yang ada di Toraja utara, kemudian kelompok B merupakan panitia umum yang berasal dari luar Toraja.

Setelah technical meeting, peserta lomba juga menggelar pengambilan undian nomor urut. Turut hadir dalam technical meeting, Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Kepala Dinas Kominfo-Sp, Para Camat serta para peserta Festival Paduan Suara Natal yang berjumlah 55 Peserta.

Secara terpisah , Ketua Panitia Festival Paduan Suara Kab. Toraja Utara Harly P diruang kerjanya menuturkan Festival paduan suara natal direncanakan akan diselenggarakan mulai dari tanggal 12 s/d 18 Desember 2021 di Lapangan Bakti Rantepao.

“Lomba ini akan diikuti 56 Tim baik dari dalam maupun dari luar Toraja Utara dan Peserta festival wajib menggunakan pakain tenun has Toraja,” katanya Rabu (17/11 ).

Diuraikan Harly, dari 56 Tim ini terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B. Khusus untuk kelompok A  ada 43 tim yang berasal dari kecamatan, OPD dan organisasi gereja dari Toraja.

Kelompok B terdiri dari 13 tim, diantaranya Mamasa 5 tim, Palopo 2 tim, Luwu Timur 1 tim, Makassar 1 tim,  Tana Toraja 2 tim dan Toraja Utara 2 tim.

Kata Harly , Dalam pelaksanaannya nanti tetap akan mengikuti protokol kesehatan, misalnya
yang dari luar perlu swab, kemudian peserta di dalam harus sudah di vaksin dua kali.

Kategori yang dilombakan adalah paduan suara pemuda/dewasa  campuran dengan ketentuan jumlah peserta minimal 60 orang, maksimal 100 orang/tim dan penampilan peserta hanya satu kali tampil membawakan dua lagu sekaligus, yaitu lagu wajib ditetapkan oleh panitia, kemudian lagu pilihan terikat yang ditetapkan oleh panitia.

Harly menyebut, festival paduan suara natal ini selain bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan penghayatan terhadap lagu rohani juga meningkatkan iman dan percaya serta merayakan kedatangan Sang Juru Selamat  Tuhan Yesus Kristus.

Selain itu, kata dia, untuk mewadahi dan mendorong hasrat umat kristen Toraja Utara dalam kegiatan pembinaan kerohanian melalui paduan suara, serta mengembangkan kreatifitas seni budaya yang hidup dalam tata ibadah umat kristen, sekaligus memelihara dan melestarikan budaya toraja.

“Pihak panitia sudah siap dengan pelaksanaan festival paduan suara natal ini, mari kita doakan bersama moga semuanya lancar,” kunci Harly, yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Toraja Utara ini.

Diketahui, dalam perlombaan ini yang keluar sebagai juara satu akan mendapatkan hadiah seekor kerbau, juara dua sampai juara harapan akan mendapatkan uang pembinaan. (SALDI)

 

No Responses

Leave a Reply