Friday 28th January 2022

Puluhan Rumah Warga Bontokanang Terkena Abrasi

RADARTAKALAR, Bencana abrasi pantai yang menjadi hantu bagi masyarakat pesisir kembali melanda dua dusun di Desa Bontokanang, Kecamatan Galesong Selatan Sabtu malam kemarin (05/11/21).

Puluhan rumah warga di Dua dusun yang terkena abrasi pantai, yakni Dusun Saro’ dan Dusun Kanaeng. Korban langsung mengungsi di rumah kerabat mereka tidak jauh dari lokasi bencana.

Saat di hubungi Minggu (05/11/21) Muhammad Setiawan Kapala Desa Bontokanang membenarkan bahwa puluhan rumah warga terkena abrasi dan saat ini pihaknya sejak sabtu malam sudah berada di lokasi bencana.

”Kejadian terjadi pada Sabtu malam, sekitar jam 22.00 Wita, saat warga sebagian sudah tertidur pulas,” kata Muhammad Setiawan.

Muhammad Setiawan menjadi salah satu Kepala Desa termuda yang baru saja terpilih berharap bencana abrasi yang kerap menerjang pesisir pantai desa Bontokanang menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Hal ini dikarenakan hingga saat ini penahan ombak belum pernah di bangun di desanya.

”Upaya dini harus dilakukan untuk mengantisipasi terjadi abrasi susulan didesa Kami, karena tanpa ada langkah taktis, potensi kerusakan lingkungan akibat abrasi pantai akan terus bertambah,” Jelas Daeng Sibali begitu kades terpilih kerap disapa.

Daeng Sibali juga menambahkan rumah warga yang mengalami kerusakan yakni diantaranya rumah milik Nyikko Dg Pabe, Agus Dg Tarang, Hamina Dg Kanang, Eppe Rustam, Hasia Dg Sayu, Jama Dg Bundu, Sendong Dg Siang, Mina Dg Ngona dan Rina Dg Ngona serta Seddeng Dg Nai.

Sekedar diketahui pesisir pantai di wilayah galesong bukan kali ini saja terjadi namun setiap tahunnya sering terjadi abrasi yang mengakibatkan hilangnya rumah warga tersapu ombak. (ZQ)

No Responses

Leave a Reply