Friday 28th January 2022

Mengenal Sosok Skamrah Syam, Kabid Ketransmigrasian Sulsel

RADAR, MAKASSAR – Masih Muda, namun jam terbang sudah tinggi, Dia adalah salah satu aset birokrat muda visioner yang dimiliki oleh Pemerintah Sulawesi Selatan saat ini.

Sosok pria muda itu bernama, Skamrah Syam, S. Stp, M. AP, Pria yang lahir di Kabupaten Gowa tahun 1979 lalu, itu merupakan alumni terbaik dari Sekolah Tinggi Pemerintah Dalam Negeri pada tahun 2002.

Selama Karirnya Skamrah Syam Tercatat pernah menduduki beberapa Jabatan cukup strategis mulai dari Kepala Seksi dibeberapa Instansi Provinsi Sulawesi Barat dan Provinsi Sulsel.

Dan Saat ini anak muda alumni STPD tahun 2002 itu kini mengemban amanah menjadi Kepala Bidang (Kabid) Ketransmigrasian Provinsi Sulawesi Selatan sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Dengan karir yang cukup cemerlang, itu tak terlepas dengan sosok kepemimpin yang tegas di tubuh Skamrah Syam yang tak segan-segan bertindak tegas ketika hal tersebut bertentangan dengan aturan yang berlaku.

“Saya ini belum ada apa-apanya, saya hanya fokus bagaimana tugas berjalan dengan baik, ketika bertentagan dengan aturan apapun itu kita harus tegas menolak, ketika hal itu sejalan dengan aturan lansanakan dengan baik,” ucapnya saat ditemui, Minggu (5/12/2021).

Kata dia, setiap bekerja dirinya hanya fokus pada penuntasan tugas yang diberikan oleh pimpinan dengan tidak melihat imbalan apapun dan membuat kinerja tim berjalan dengan baik.

“Ketika bertugas atau disuruh oleh Pimpinan jangan mengerjakannya karna ada sesuatu, melainkan bekerja dengan baik menuntaskan kerja itu dengan maksimal, biarkan kerja kita yang menjadi penilaian dari Pimpinan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Pria yang akrab disapa Skem Dg Palallo mengatakan bersama dengan pihak transmigrasi Sulsdl sebanyak 115 unit hunian sudah di bangun di SKPC SP 1 Mahalona untuk transmigran. Namun untuk tahun ini, anggaran yang terbatas diubah menjadi 23 KK.

“Saya pribadi sangat berharap di tahun akan datang bisa terlaksana semua penempatan dari sisa yang belum terakomodir tahun ini. Karena bangunan juga bisa rusak apabila tidak ada penghuni yang merawatnya sebab biaya pemeliharaan juga tidak ada tercantum dalam anggaran,” kata pria yang akrab disapa Skem itu.

Ia menambahkan, Meski memiliki rutinitas yang pada sebagai pejabat teras di Pemprov Sulsel, Skamrah mengaku, tak luput dengan kewajiban untuk keluarga.

Katanya, setiap di luar jam kerja, dirinya selalu menyempatkan waktu untuk keluarga, dan silaturahmi dengan kerabat.

“Kegiatan diluar jam kantor selalu melakukan silaturrahmi sesama keluarga dan sahabat serta memperkuat ikatan komunitas dibeberapa tempat dalam wilayah Makassar – Gowa – Takalar, ” imbuhnya.(nca)

No Responses

Leave a Reply