Friday 28th January 2022

Alumni dan Mahasiswa FPIK UMI Berwirausaha Melalui PPK

Radarmakassar.com – Alumni dan Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia Makassar berwirausaha melalui Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK).

Ketua Tim Pelaksana, Asmidar S.Kel., M.Si mengatakan Program Pengembangan Kewirausahaan FPIK UMI memasuki tahun ke III. Meski tengah pendemi, FPIK UMI nersama tim PPK tetap melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan kewirausahaan melalui pembinaan. Serta memfasilitasi mahasiswa ataupun alumni baik yang sudah punya usaha maupun yang baru merintis usaha untuk berwirausaha.

Asmidar menuturkan, Mahasiswa dan alumni yang terlibat sudah melalui beberapa tahapan salah satunya adalah rekruitmen. Selanjutnya mereka mendapatkan pelatihan kewirausahaan melalui webinar dan kunjungan kebeberapa mitra industri/ukm, selain itu pihaknya tetap melakukan bimbingan dan pendampingan dalam memulai serta menjalankan usahanya.

“Target yang dicapai dalam kegiatan PPK tahun ini adalah menghasilkan 4 (empat) wirausaha baru. Terdiri dari 2 (dua) usaha mahasiswa dan dua (2) usaha dari alumni dengan 7 (tujuh) jenis usaha yang sudah bisa terjun di masyarakat. Baik itu secara individu maupun kelompok dengan penerapan iptek melalui pemasaran berbasis online, menjalin kerjasama dengan pemangku kepetingan atau stakeholders,” tutur Asmidar.

Di antaranya lanjut Asmidar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi serta bermitra dengan beberapa UMKM yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan baik itu di Kota Makassar maupun di tingkat Kabupaten yang sudah terkenal.

Bidang usaha yang sedang berjalan saat ini kata Asmidar, dalam sektor jasa berupa jasa pengantaran wisatawan ke beberapa pulau atau pantai yang ada di Sulawesi Selatan sedangkan untuk sektor barang meliputi Usaha AquaponikZizu (ikan lele, ikan nila dan sayur pakcoy serta kangkung ), Usaha Djajanan massipa (sambel ikan bandeng), Usaha macakka (kambu ikan bandeng, fresto bandeng dan bandeng tanpa duri), Usaha Bakso Daengku (Bakso ayam, ikan, udang dan cumi).

“Harapan Kami sebagai tim PPK adalah dapat membantu alumni dan mahasiswa untuk pengembangan usahanya, dan membangun semangat berwirausaha yang berkelanjutan dan dapat mewujudkan kewirausahaan di lingkungan kampus Universitas Muslim Indonesia,” tutup Asmidar. (*)

No Responses

Leave a Reply