Friday 28th January 2022

Hadiri Rakornas, Ketum Japnas Sulsel Dorong Digitalisasi Usaha

Radarmakassar.com – Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Tahun 2021 di Grand Melia Jakarta, Sabtu (18/12/21).

Rakornas merupakan forum wajib bagi Japnas, 6 bulan jelang dilaksanakannya Musyawarah Nasional, sekaligus mengevaluasi sejumlah program kerja.

Ketua Umum Japnas Sulsel, Arianto Burhan Makka (ABM) yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengungkapkan salah satu yang ditekankan Ketua Umum PP Japnas yakni melakukan digitalisasi dunia usaha.

“Saya sangat sepakat adanya digitalisasi dunia usaha, dan hal tersebut telah dilakukan oleh Japnas melalui pendataan usaha anggota melalui platform digital,” kata ABM, Minggu 19/12/2021.

Menurut Arianto, pengusaha yang sudah berjejaring sudah saatnya proaktif membangun usaha dalam dunia digital, juga mampu mendorong berbagai program serta peluang usaha dan investasi

Apalagi, lanjut Arianto Japnas merupakan wadah berkumpulnya para pengusaha, sehingga dengan menggabungkan kekuatan dan keahlian mampu meningkatkan daya saing

“Ini untuk tumbuh dan naik kelas bersama-sama. Bisa dibayangkan kekuatan ini jika menjadi rangkaian paduan usaha digital. Bisa menjadi pasar dunia Maya yang konferehensif,” terangnya.

Ketua Umum PP Japnas Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan, selain melakukan evaluasi program kerja, forum tersebut juga sebagai ajang untuk menentukan tuan rumah Munas mendatang

“Forum ini untuk melakukan evaluasi program kerja Japnas, juga untuk menentukan tuan rumah munas dan tanggal pelaksanaannya,” Bayu Priawan Djokosoetono.

Di lain pihak, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menyampaikan bahwa untuk merubah tantangan menjadi peluang diperlukan tiga energi utama pada saat pandemi saat ini yaitu digitalisasi, inovasi, dan kolaborasi.

Digitalisasi telah dilakukan di dunia pendidikan dan bisnis. Kedua, sektor usaha yang bertahan hanya mereka yang melakukan inovasi. Dan ketiga kolaborasi, gotong royong antara sektor usaha dan pemerintah dalam menangani dampak covid-19 baik itu di sektor kesehatan maupun ekonomi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia juga mengajak kepada pengusaha pada khususnya, untuk bersinergi dan bergotong royong memberikan sumbangsih lebih bagi pembangunan ekonomi nasional.

“Jika kita saling berkolaborasi, berinovasi, dan mampu memanfaatkan digitalisasi, kami yakin ini akan mampu merubah tantangan menjadi peluang,” pungkasnya.

Diketahui, Japnas merupakan organisasi pengusaha yang didirikan pada 2015 dan secara aktif mendorong sinergitas usaha antar pengusaha di 20 Provinsi Indonesia.

Pada Sidang Rakornas I yang dipimpin Ketua Harian Japnas Widiyanto Saputro memutuskan Japnas akan melaksanakan Munas I di Nusa Tenggara Barat selambatnya pada 18 Juni 2022 atau 6 bulan dari pelaksanaan Rakornas.

Lokasi munas tersebut disaring dan dipilih dari 6 provinsi yang menyatakan berminat menjadi tuan rumah yaitu Papua Barat, Kalimantan Tengah, NTB, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Lampung.(nra)

No Responses

Leave a Reply