Friday 28th January 2022

Syaiful Saleh Bantu Perempuan Inklusi Kembangkan Usaha Lewat BTPN Syariah

Radarmakassar.com – Fokus dalam melayani perempuan inklusi terus dilakukan BTPN Syariah guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Hingga saat ini sudah ada 4 juta perempuan inklusi aktif yang dilayani oleh BTPN Syariah di 23 provinsi, menjangkau 235 ribu komunitas, 2600 kabupaten.

Hal tersebut membuat Syaiful Saleh memilih BTPN Syariah untuk menyimpan uangnya agar bisa disalurkan kepada nasabah pra sejahtera melalui pembiayaan.

Sekadar diketahui, dalam melayani segmen perempuan inklusi, BTPN Syariah membuka dua akses penting bagi mereka, yaitu akses untuk pembiayaan dan akses ke pengetahuan. 

Akses pembiayaan, agar mereka mampu untuk produktif dan bankable. Access to knowledge, nasabah inklusi dibantu untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam berusaha dengan diberikan modul dan pelatihan yang berkelanjutan.

Dari dua akses yang diberikan tersebut diharapkan dapat membangun empat karakter pada diri nasabah, yaitu Berani berusaha, Disiplin, Kerja sama, dan Saling Bantu (BDKS).

Karakter-karakter ini bertujuan dapat memberikan dampak positif bagi mereka sehingga mampu mewujudkan kehidupan yang lebih berarti tidak hanya untuk diri nasabah sendiri, namun juga untuk komunitasnya yang secara tak langsung mampu memperkuat perekonomian di suatu daerah nantinya.

Sebelum mengenal BTPN Syariah, Syaiful masih mengelola usaha ibu-ibu secara mandiri. Sering berjalannya waktu, ia mulai berpikir untuk memaksimalkan usaha tersebut.

BTPN Syariah kemudian menjadi pilihannya sebagai wadah untuk pengembangan usaha. “Tahun 2017, baru saya kenal. Di antara semua bank ini, dia (BTPN) kan prosesnya syariah. Jadi tanpa ada bunga,” ungkap Syaiful.

Syaiful menilai BTPN Syariah punya kesamaan dalam hal visi dengan dirinya yang ingin terus membantu ibu-ibu (perempuan) inklusi dalam hal ini merupakan nasabah pra sejahtera.

Syaiful menyatakan bahwa BTPN Syariah juga tidak hanya berfokus pada program. Tapi juga menghadirkan sistem bagi hasil yang baik.

“Jadi dana yang saya pinjamkan kepada pemilik usaha melalui bank BTPN Syariah akan dibagi sesuai kesepakatan melalui akad,” tandas Syaiful. (wah)

No Responses

Leave a Reply