Friday 28th January 2022

Komitmen Berdayakan Perempuan Inklusi

Radarmakassar.com – Menjadi perempuan (Ibu) tidak menjadi hambatan untuk bisa produktif dan saling memberdayakan. Inilah yang menjadi keyakinan bagi BTPN Syariah, melalui tangan-tangan perempuan berdaya, keluarga dapat tumbuh dan sejahtera.

Dalam perjalanannya selama lebih dari satu dekade, BTPN Syariah merupakan satu-satunya Bank Umum Syariah yang fokus melayani para perempuan inklusi dari Aceh hingga Kupang. Hingga saat ini sudah ada 4 juta perempuan inklusi aktif yang dilayani oleh BTPN Syariah di 23 provinsi, menjangkau 235 ribu komunitas, 2600 kabupaten.

BTPN Syariah juga melakukan studi yang menunjukkan bahwa perempuan memegang peranan penting dalam perekonomian keluarga karena dominan dalam mengelola keuangan.

Dalam melayani segmen perempuan inklusi, BTPN Syariah membuka dua akses penting kepada mereka yaitu akses untuk pembiayaan dan akses to knowledge. Akses pembiayaan, agar mereka mampu untuk produktif dan bankable. Akses to knowledge, nasabah inklusi dibantu untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam berusaha dengan diberikan modul dan pelatihan yang berkelanjutan.

Dari dua akses yang diberikan tersebut diharapkan dapat membangun empat karakter pada diri nasabah, yaitu Berani berusaha, Disiplin, Kerja sama, dan Saling Bantu (BDKS). Karakter-karakter ini bertujuan dapat memberikan dampak positif bagi mereka sehingga mampu mewujudkan kehidupan yang lebih berarti tidak hanya untuk diri nasabah sendiri namun juga untuk komunitasnya yang secara tak langsung mampu menguatkan perekonomian di suatu daerah nantinya.

Seperti yang dilakukan pada hari Rabu (22/12) bertempat di Balla Lompoa Gowa, bersaman dengan momen Hari Ibu, BTPN Syariah memberikan pelatihan program pemberdayaan nasabah dan komunitas sekitar bagi para Ibu-Ibu di Kabupaten Gowa.

Acara dikemas dengan pemberian pelatihan kegiatan menghias kue yang dibawakan langsung oleh fasilitator yang merupakan pengusaha kue, dan juga turut dihadiri oleh Ibu Bupati Gowa-Priska Paramita dan serta jajaran manajemen BTPN Syariah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita menyambut baik Program Pemberdayaan Nasabah Sukses (PPNS) yang dilakukan BTPN Syariah. “Saya mengapresiasi kegiatan BTPN Syariah ini yang turut memberdayakan, memberikan keterampilan dan mengedukasi ibu-ibu yang ada di Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Menurutnya, program pemberdayaan ini tentu juga akan sangat membantu TP PKK Kabupaten Gowa dan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu yang ada di Kabupaten Gowa.

Ia pun berharap BTPN Syariah terus melakukan program yang dapat memberdayakan masyarakat khususnya perempuan-perempuan di Kabupaten Gowa.

“Program pemberdayaan masyarakat yang merupakan nasabah dari BTPN Syariah ini tentunya akan sangat membantu kita dalam proses program edukasi para perempuan di Kabupaten Gowa yang mana memang di BTPN ini seluruh nasabahnya adalah perempuan,”pungkasnya.

Dwiyono Bayu Winantio, Direktur BTPN Syariah menjelaskan bahwa program ini sebagai salah satu sarana mewujudkan agar nasabah kami dapat mampu terus tumbuh tepat bermanfaat, selain itu program serupa ini sudah dijalankan di berbagai kota di wilayah operasional BTPN Syariah dan diikuti kurang lebih ribuan nasabah.

“Sejatinya, kami meyakini apabila seorang ibu berdaya, maka suatu keluarga akan sejahtera, hal itulah yang mendorong kami terus berupaya melakukan pendampingan yang berkelanjutan, tidak hanya sekedar memberikan akses pembiayaan saja namun juga membuka akses to knowledge agar para nasabah pembiayaan kami yang merupakan kaum ibu-ibu mampu tumbuh dan berdaya,” tegasnya.

Sementara itu Rosmini, Kepala Pembiayaan BTPN Syariah Area Sulawesi juga turut menambahkan bahwa pembiayaan serta pendampingan yang dilakukan oleh BTPN Syariah  tak lepas dari dukungan kolaborasi yang baik dari nasabah kami tercinta, komunitas masyarakat di sekitarnya, Pemerintah Kabupaten Gowa, regulator dan seluruh #bankirpemberdaya yang turut menggerakan program-program ini.

“Bagi kami turut mewujudkan semua niat baik nasabah untuk mewujudkan hidup mereka lebih berarti adalah upaya kami untuk terus memberikan sumbangsih kembali kepada para ibu dan masyarakat yang telah mendukung BTPN Syariah selama ini,” tambah Rosmini.(wah)

No Responses

Leave a Reply