Kadis LH Siap Galakkan Penanaman Vetiver Untuk Cegah Longsor Di Enrekang

Kadis LH Siap Galakkan Penanaman Vetiver Untuk Cegah Longsor Di Enrekang

Enrekang, RadarMakassar.com – Diawali penyerahan bibit Vetiver dari kepala dinas Lingkungan Hidup Enrekang Mursalim, pada wakil Bupati Enrekang, dan para kepala Instansi Vertikal.

“Dan sekarang polres Enrekang dengan bekerja samabu Dinas Lingkungan Hidup kembali melakukan penghijauan di polsek Cendana ini “ucap kapolres AKBP. Endon Nurcahyo, SIK (13/3).

Selanjutnya Kadis LH Enrekang H.Mursalim,MP menerangkan, langkah ini dalam bentuk gerakan bersama adalah awal yang dinas LH (pemda) dilakukan untuk selanjutnya pada daerah daerah yang rawan longsor.

“Dari kondisi alam Enrekang tanaman jenis Vetiver sangat bermanfaat sebab apa daerah kita memang sangat rawan longsor secara geografi dan geologi, maka menanam jenis Vetiver ini banyak manfaatnya,”kata kadis LH Enrekang.

Kata H. Mursalim, MP, kegiatan penanaman Vetiver digalakkan untuk menindak lanjuti program pemerintah pusat agar semua.daerah melakukan kegiatan untuk menjaga alam. Agar alam bisa menjaga kita, salah satunya adalah melakukan upaya mitigasi terhadap terjadinya bencana, antara lain dengan menanam tanaman jenis Vetiver (akar wangi) dimana tanaman ini mempunyai perakaran yg kuat dan dalam.

“Jadi fungsi dalam mencegah kerawanan longsor sehingga perakarannya bisa menahan atau paling tidak mengurangi terjadinya longsor utamanya pada tebing dan lereng, “jelasnya.

Lanjut dia, progam ini bahkan ditegaskan oleh bpk presiden Jokowi ketika rakernas, bahwa kembangkan tanaman Vetiver ini karena tanaman ini mampu menahan terjadinya longsor.

“Belum lagi dari nilai manfaat tanaman Akar Wangi yakni memiliki nilai ekonomi terutama akarnya karena dapat disuling sebagai minyak atsiri. Selain dihasilkan minyak atsiri juga tanaman jenis ini se family dengan serei sehingga tidak dimakan oleh ternak,”papar kadis Lingkungan Hidup H. Mursalim. (sam/niz)

No Responses

Leave a Reply