Peduli Lingkungan, Wabup Enrekang Ajak Warga Tanam Akar Wangi

Peduli Lingkungan, Wabup Enrekang Ajak Warga Tanam Akar Wangi

Enrekang, RadarMakassar.com – Kompak gerakan tanam Vetiver (akar wangi) ditandai dengan penanaman bersama Wabup Enrekang Asman,SE, Polres Enrekang, Dinas LH, Forkopimda,Polri dan TNI setempat.

Dirangkai berolahraga sepeda menuju lokasi penanaman, ditujukan sebagai gerakan peduli lingkungan serta sesuai amanah Presiden RI Joko Widodo.

“Penanaman ratusan Vetiver atau akar wangi dilakujan untuk memasyarakatkan serta menggalang perbaikan lingkungan sekitar,”ujar Wabup Asman SE (13/3).

Dikatakannya, tanaman Vetiver gunanya menahan longsor dilahan miring dan sebagai upaya konservasi tanah dan air di Kabupaten Enrekang.

Olehnya itu pemda sangat mendukung perbaikan lingkungan alam daerah ini.
Lokasi di dusun Darra, desa Pundi lemo (Cendana),Enrekang Sul sel ditegaskan Wabup Asman sebagai langkah konservasi lahan dan peresapan air.

“Penanaman Vetiver Ini untuk menahan longsor sebagai upaya konservasi tanah dan air sehingga kita dan keluarga bisa terhindar dari bencana alam tanah longsor,”jelas Wabup Asman SE.

Penghijauan tanaman Vetiver dari Polres Enrekang ini disupport seluruh bibitnya dari Dinas LH (pemda) dan jenis tanaman ini kali pertama dilakukan.

Kapolres Enrekang AKBP Endon Nurcahyo, SIk sekaitan aksi tanam pohon katakan, kegiatan peduli penghijauan sudah kami lakukan sejak bulan Januari 2020 yang dilaksanakan serentak di semua Polres se Indonesia.

Hadir tanam Akar wangi Kajari Yusuf Sumalong, MH, Ketua PN Karsena, Kasdim 1419 Mayor Inf. Alfred Tonak,Sekda Dr. H Baba, Asisten 1 Syamsuddin, Pinca BRI Irfan SM,kasat lantas AKP. Abd Azis, kapolsek Cendana AKP Anton serta staf Dinas LH.

“Aksi tanam pohon Vetiver (Akar Wangi) di perbukitan samping polsek Cendana wujud kerjasama Polres Enrekang dengan Dinas Lingkungan Hidup terlaksana, nantinya mampu survive tumbuh perlu diawasi juga dari gangguan sekitar, “harap AKBP. Endon Nurcahyo.S.IK.

Fakta lain, dari potensi kehutanan berupa hutan rakyat dengan jenis pohon jati mengalami deforestasi dan potensi pembukaan lahan budidaya jagung terus melebar punya daya rusak lingkungan perlu dibenahi.(sam/niz)

No Responses

Leave a Reply