Kasus Corona Meningkat, MUI Sulsel Imbau Warga Salat Id di Rumah

Kasus Corona Meningkat, MUI Sulsel Imbau Warga Salat Id di Rumah

RADARMAKASSAR.COM –Pelakssan Salat Ied di rumah makin dimantapkan oleh beberapa toko Agama dan Pemerintah. Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, Prof HM Ghalib misalnya, dia mengaku bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H diimbau dilakukan di rumah.

Hal itu juga telah diterangkannya dalam surat edaran MUI Sulsel bernomor: 29/DP.P.XXI/V/2020. Fatwa yang dikeluarkan MUI, kata dia, bukan dalam rangka melarang warga ke masjid, namun demi menghindari permasalahan kesehatan dari pandemi virus corona.

Untuk itu pelaksanaan salat Id tidak direkomendasikan dilakukan secara berjamaah di masjid atau di lapangan.

“Makanya kita imbau pelaksanaan salat Id di rumah saja. Kita harus berhati-hati apalagi belum ada penurunan (angka kasus Covid-19) di Sulsel. Ini juga berdasarkan keputusan bersama dari hasil rapat bersama forkompimda,”jelasnya.

Tak hanya itu, sambung Ghalib, dalam surat edaran MUI juga diberitahukan pelaksanaan tata cara salat Id jika dilaksanakan di rumah.

Adapun panduan pelaksanaan salat Id di rumah dalam edaran MUI Sulsel, yakni memperbanyak zikir, takbir, tahmid, dan tahlil sejak terbenamnya matahari sampai pelaksanaan salat Idul Fitri.

Pelaksanaan salat Id di rumah pun bisa dilakukan secara sendiri atau berjamaah.

“Jika salat Idul Fitri dilak-sanakan berjamaah, ketentuannya jumlah jamaah minimal 4 orang (satu imam dan 3 makmum). Tata cara salat Id berjamaah mengikuti kaidah pada umumnya, dan tetap ada pembacaan khutbah oleh khatib selepas salat,”jelas Ghalib.

Sementara jika jumlah jamaah kurang dari empat orang atau jika dalam pelaksanaan salat jamaah di rumah tidak ada yang berkemampuan melakukan khutbah, maka salat Id boleh dilakukan tanpa khutbah.

“Jadi kita fokus agar masyarakat ini tetap tinggal di rumah, maka tata cara pelaksanaannya salat Idul Fitri seperti itu. Kita harus saling menjaga dan melakukan ibadah sesuai dengan protokol kesehatan demi menjaga kesehatan.(and/icl)

No Responses

Leave a Reply