Plt Dirjen Polpum Optimistis Pilkada Serentak 2020 Bisa Digelar

Plt Dirjen Polpum Optimistis Pilkada Serentak 2020 Bisa Digelar

RADARMAKASSAR.COM, JAKARTA – Hingga saat ini belum bisa diprediksi kapan pandemi COVID-19 yang melanda dunia akan mereda.

Di satu sisi, negara harus tetap menjaga sistem demokrasi tetap berjalan demi menjaga keberlangsungan kedaulatan rakyat. Pilkada serentak 2020 harus tetap digelar.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar menekankan pentingnya sikap optimistis bahwa banga Indonesia mampu menjalankan demokrasi di tengah pandemic COVID-19.

“Bangsa ini memang harus bangkit, bagaimana menjalankan demokrasi di tengah wabah pandemi Covid-19,” kata Bahtiar pada Diskusi online yang digagas Badan Saksi Nasional DPP Partai Golkar, Kamis (21/5).

Diakuinya, wabah Covid-19 yang melanda duni memiliki tantangan khusus yang belum pernah dialami penyelenggara Pemilu di negara manapun.

“Memang seluruh dunia itu trial dan error, kita belajar dari yang sukses dan dari yang gagal, dan semua negara termasuk penyelenggara Pemilu di seluruh dunia belum punya pengalaman menghadapi Pemilu atau pilkada dalam situasi wabah, oleh karena itu memang pertama kali kita menjadi saksi sejarah dunia, jadi kita sama-sama belajar,” ujarnya.

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 menjadi tantangan demokrasi tersendiri di era ini.

Selain menjamin kedaulatan rakyat, pelaksanaan Pilkada juga perlu menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat. (jpnn)


No Responses

Leave a Reply