Shalat Idul Fitri Sendirian, Ini Kata Lembaga Fatwa Mesir

Shalat Idul Fitri Sendirian, Ini Kata Lembaga Fatwa Mesir

RADARMAKASSAR.COM – Shalat Idul Fitri adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan.

Pada dasarnya ibadah ini yang paling utama dikerjakan di tanah lapang atau masjid.

Namun, jika kondisi tersebut justru membahayakan atau dikhawatirkan menimbulkan suatu bahaya, maka ia tetap sunnah dilaksanakan di rumah baik sendiri maupun berjamaah.

Bagi yang bisa berjamaah di rumah dengan keluarga masing-masing tentu hal itu lebih utama.

Namun, apakah boleh misalnya shalat id itu dikerjakan sendiri bagi yang belum berkeluarga atau terjebak di kost tempat kerja atau belajar karena tidak bisa mudik?

Lembaga fatwa Mesir, Dar al-Ifta’ al-Mishriyah sebagaimana dilansir di arabic.rt.com memfatwakan bahwa shalat id sangat bisa dilaksanakan walaupun dengan munfarid (shalat sendiri tanpa berjamaah).

Demimian pula dalam kitab al-Bajuri, salah satu kitab rujukan dalam madzhab Syafi’i bahwa shalat ini tetap disunnahkan walaupun dilaksanakan tanpa berjamaah.

Dalam kondisi normal, tentu lebih utama berjamaah.

Tetapi, misalnya seseorang tertinggal jamaah misalnya karena tertidur atau karena alasan lain, maka tetap saja ia disunnahkan shalat sendiri.

Namun, dalam masa pandemi covid-19, jika seseorang memang tinggal sendiri maka ia dibolehkan shalat sendiri dan justru lebih utama daripada dia datang ke masjid atau tanah lapang yang menyelenggarakan shalat id dengan resiko tertular covid-19.

Baginya pahala shalat id sempurna seperti berjamaah seperti biasa ia lakukan di tahun-tahun normal sebelumnya, pahala mengikuti anjuran pemerintah, dan pahala menghindari wabah.

Demikianlah agama Islam yang begitu memudahkan syariatnya untuk seluruh pemeluknya:

يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. (QS. Al-Baqarah 185).

No Responses

Leave a Reply