1,2 Miliar Uang Hasil Korupsi Proyek PAUD Terselamatkan

1,2 Miliar Uang Hasil Korupsi Proyek PAUD Terselamatkan

RADARMAKASSAR.COM, BONE- Setelah tiga kali Sidang Tipikor kasus proyek Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Agenda pembacaan tuntutan tertunda.

Akhirnya Dua Terdakwa Yakni Sulastri dan Ihksan melalui keluarganya mengembalikan uang hasil korupsi tersebut sebesar Rp. 840 Juta Rupiah ke Kejaksaan Negeri Bone, masing-masing 420 juta rupiah dari Sulastri dan 420 juta rupiah dari Ihksan.

Sebelumnya, Terdakwa Masdar juga pernah mengembalikan uang hasil korupsi tersebut sebesar Rp. 250 juta rupiah, serta uang sitaan dari Sekolah sebesar Rp. 100 juta lebih dengan total keseluruhan uang yang telah dikembalikan sebesar Rp.1.230.075.000.

Kepala Kejaksaan Negeri Bone, Eri Satriana melalui Kasi Intel, Andi Alam membenarkan pengembalian uang tersebut, uang tersebut diantar langsung oleh keluarga terdakwa, dan terkait tuntutan, pihaknya selaku JPU tetap akan merapatkan untuk mempertibangkan tuntutan kepada terdakwa.

“Terkait yang tadi sifatnya titipan uang pengganti, untuk selanjutnya akan kami masukkan kedalam tuntutan dan akan dipertimbangkan oleh majelis hakim,” terang Andi Alam yang didampingi Kasi Pidsus, Andi Kurnia.

Hal yang sama disampaikan Kasi Pidsus, Andi Kurnia bahwa terdakwa telah berupaya untuk mengembalikan separuh dari hasil korupsi yang telah mereka nikmati, untuk itu pihaknya akan mempertimbangkan upaya terdakwa.

” Masing-masing 50 persen lah dari uang yang dinikmati, nanti kita jadikan pertimbangan di tuntutan, kalau untuk pengembalian sepenuhnya, belum,” tambahnya.

Sidang berikutnya yang dijadwalkan Kamis (25/06/2020) terpaksa kembali tertunda dan dijadwalkan minggu depan karena pihak Pengadilan Negeri Makassar akan melakukan penyemprotan disinfektan.

” Ya otomatis minggu depan, besok PN mau ada penyemprotan disinfektan, bersih-bersih satu hari,” kata Bambang Humas PN Makassar.

Sekedar diketahui, Ketiga terdakwa, Masdar, Iksan dan Sulastri telah melewati proses panjang persidangan kasus korupsi dana PAUD yang merugikan negara sebesar Rp4,9 M. Beberapa waktu lalu.(Acl)


No Responses

Leave a Reply