HUT Maros ke-61, Nurdin Abdullah Sanjung Kepemimpinan Hatta Rahman

HUT Maros ke-61, Nurdin Abdullah Sanjung Kepemimpinan Hatta Rahman

MAROS,RADARMAKASSAR.COM – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengapresiasi pencapaian Bupati Maros, Hatta Rahman selama memimpin Maros selama 10 tahun ini. Pujian itu ia sampaikan saat memberikan sambutan di Hari Ulang Tahun Maros ke 61 yang dihelat di Ruang Serbaguna Maros, Sabtu (04/07/2020).

Eks Bupati Bantaeng itu mengatakan, diawal Hatta Rahman menjabat sebagai Bupati, Maros dalam keadaan terpuruk. Namun lewat kerja kerasnyalah, perlahan Maros bisa bangkit dan menjadi jauh lebih baik dan bahkan setara dengan Kabupaten Kota lain di Sulsel.

“Awal-awal saya menjabat sebagai Gubernur, saya perintahkan inspektorat saya untuk belajar ke Maros. Karena saya anggap Maros di bawah kepemimpinan Pak Hatta ini sungguh luar bias berkembangnya. Saya tidak malu akui itu,” kata Nurdin.

Lebih lanjut, Nurdin menantang para calon Bupati Maros yang nantinya terpilih di Pilkada Maros 2020 ini bisa menyamai prestasi pemerintahan Hatta selama 2 periode. “Nah nanti kalau ada Bupati baru, saya harap minimal bisa menyamai prestasi pak Hatta. Yah kalau bisa dilampaui,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga menyerahkan bantuan Pemerintah Provinsi sebesar Rp 25 miliar ke Pemkab Maros. Anggaran itu rencananya akan dipakai untuk membiayai pembangunan infrastruktur, karena dana yang ada saat ini tersedot ke penanganan Covid-19.

“Bantuan ini diharap dapat membantu pembangunan di kabupaten Maros, karena seperti kita ketahui bersama, Pemkab Maros mengeluarkan banyak dana dalam menangani wabah Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Hatta Rahman dalam sambutannya mengatakan, sejak awal pemerintahannya, ia telah berhasil mengenjot pendapatan daerah dari hanya Rp 41,86 miliar di tahun 2010, menjadi Rp 331,28 miliar tahun 2019.

Untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sendiri, Hatta juga berhasil menaikkan dari Rp 538 miliar tahun 2010, kini telah mencapai Rp 1,5 triliun di tahun 2019.

“Jumlah belanja daerah pada tahun 2010 hanya sebesar Rp 538 Miliar, dan meningkat sebesar Rp 1,5 Triliun pada tahun 2019. Demikian halnya dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang pada tahun 2010 hanya Rp41,86 miliar, menjadi 311,28 miliar pada tahun 2019,” kata Hatta.

Tak hanya dari sisi anggaran, pelbagai prestasi juga telah ditorehkan Hatta selama menjabat. Baik di level Nasional maupun Provinsi. Penghargaan paling prestisius diantaranya, piala adipura 6 kali dan 7 kali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut.

“Selain WTP dan Adipura ada juga penghargaan SAKIP dari Kemenpan-RB, penghargaan tertinggi kabupaten sehat Swasti Saba Wistara, penghargaan IGA kategori Tata Kelolah Pemerontah, penghargaan IMP bidang pelayanan jasa perkotaan dengan predikat sangat baik,” ungkapnya.

Di pidatonya, Hatta yang telah masuk pada akhir masa jabatan juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Bupati Maros sebelumnya atas jasa dan pengabdian mereka selama menjabat.

Di HUT Maros yang ke 61 itu, Gubernur Sulsel juga meresmikam 6 proyek baru yang ada di Maros, diantaranya peresmian Pasar Rakyat Benteng Gajah, peresmian Pasar Rakyat Bonto Matinggi, peresmian SD Negeri Pakalu 1, peresmian Kantor Dinas Pertanian, peresmian Rumah Susun Aparatur Sipil Negara (ASN) Maros.(**)

No Responses

Leave a Reply